Metode Tahfidz Bi Tahrikati Takriry Alqira’ati Alkulli di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sumberbendo Jogoroto Jombang”

Reski, Reski (2023) Metode Tahfidz Bi Tahrikati Takriry Alqira’ati Alkulli di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sumberbendo Jogoroto Jombang”. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Reski_2107001400.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Dalam kehidupan masyarakat sangat perlu menanamkan nilai-nilai keagamaan, seperti menanamkan nilai-nilai Alquran di dalam keluarga ataupun di masyarakat. di zaman sekarang sudah banyak pondok pesantren Alquran yang berdiri di Indonesia dengan menggunakan berbagai metode yang digunakan. Hal ini memunculkan antusiasi masyarakat muslim di Indonesia yang memiliki tekat tinggi untuk mempelajarin dan menghafalkan Alquran. Terutama antusias semangat orangtua yang memondokan anaknya di lembaga Pondok pesantren yang berbasis Quran. Dalam hal ini Pondok Pesantren yang ada di Indonesia telah banyak memberikan nilai-nilai Alquran dengan berbagai metode masing-masing. Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut (1) Bagaimana Penerapan Metode Tahfi>dz} Bi Tah{rika>ti Takri>ry Alqira>’ati> Alkulli di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sumberbendo Jombang.? (2) Bagaimana Asimilasi, Akomadasi, Equilibrasi dalam penerapan metode Tahfi>dz} Alquran Bi Tah{rika>ti Takri>ry Alqira>’ati> Alkulli di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sumberbendo Jombang.? Penelitian ini menggunakan teori belajar Jean Peat dengan teori kognitifisme melalui proses asimilasi, akomadasi dan eguilibrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam terhadap informan berupa pengasuh pondok pesantren, pengurus pesantren, ketua pondok dan santri, serta menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model alur yang meliputi: reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan Hasil penelitian, yaitu: dari sini peneliti menemukan penerapan metode Bi Tah{rika>ti Takri>ry Alqira>’ati> Alkulli di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sumberbendo Jombang. seperti: (1) pembiasaan (2) sholat tahajud dengan membaca stegah Juz, (3) sholat duha berjama>’ dengan membaca stengah juz (4) Muroqqobah. asimilasi, akomadasi, equlibrasi dalam penerapan metode Tahfi>dz} Alquran Bi Tah{rika>ti Takri>ry Alqira>’ati> Alkulli di Pondok Pesantren Hamalatul Quran Sumberbendo Jombang. Dalam menghafal alquran peneliti menemukan beberapa proses metode pembelajaran seperti asimilasi dengan cara santri Persiapan hafalan sebelum setoran hafalan Alquran dan setoran hafalan baru, bina>dhor. Sedangkan akomodasi yaitu, Mengikuti bacaan Syekh Mahmud Khaleel Al-husary, bina>dhor ke hafalan. Dan juga equilibrasi seperti menambah hafalan, menyetorkan hafalan kepada guru, mengulang-ulang hafalan, selalu membaca Alquran sampai menghatamkan Alquran 30 Juz

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 201 Mitos keagamaan dan teologi sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 22 Aug 2024 02:52
Last Modified: 22 Aug 2024 02:52
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1744

Actions (login required)

View Item View Item