PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH CETAR (CERDAS DAN PINTAR) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN CALISTUNG KELAS 1 MI AN-NAWAWI KUTOREJO-BAGOR-NGANJUK

Ifatul Hana, Hayyin (2023) PENGARUH PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN RUMAH CETAR (CERDAS DAN PINTAR) DAN GAYA BELAJAR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN CALISTUNG KELAS 1 MI AN-NAWAWI KUTOREJO-BAGOR-NGANJUK. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Thesis Hayyin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

HANA, IFFATUL, HAYYIN. 2023 : Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Rumah Cetar (Cerdas dan Pintar) dan Gaya Belajar Terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Kelas I MI An-Nawawi Kutorejo Bagor Nganjuk, Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana Universitas Islam Tribakti (UIT) Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Badrus, M.Pd.I, Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.I. Kata Kunci: Media Pembelajaran Rumah Cetar, Gaya Belajar, Calistung Kompetensi membaca, menulis, dan berhitung Calistung sebagai pelajaran dasar berupaya untuk membekali peserta didik dengan berbagai kemampuan dasar tentang membaca, menulis, dan berhitung sehingga mereka memiliki kemampuan awal untuk mengikuti pembelajaran di kelas berikutnya. Anak sekolah dasar kelas I berada pada rentang usia dini dan berada pada tahapan operasional konkret. Anak mulai menunjukkan perilaku belajar sebagai berikut: (1) Mulai memandang dunia secara objektif, bergeser dari satu aspek situasi ke aspek lain secara reflektif dan memandang unsur-unsur secara serentak, (2) Mulai berpikir secara operasional, (3) Mempergunakan cara berpikir operasional untuk mengklasifikasikan benda-benda. Atas dasar latar belakang masalah tersebut, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Adakah Pengaruh Media Rumah Cetar terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung? 2) Adakah Pengaruh Gaya Belajar terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung? 3) Adakah Pengaruh Media “Rumah Cetar” dan Gaya Belajar terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan media “Rumah Cetar” dan Gaya Belajar terhadap Peningkatan Kemampuan Calistung Kelas 1 MI An-Nawawi Bagor Nganjuk. , menginterpretasikan pengaruh gaya belajar terhadap peningkatan kemampuan Calistung kelas 1 MI An-Nawawi Bagor Nganjuk., menganalisis adakah pengaruh penerapan media “Rumah Cetar” terhadap peningkatan kemampuan Calistung Kelas 1 MI An-Nawawi Bagor Nganjuk. Metode dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, yaitu suatu cara yang digunakan untuk menjawab masalah dalam penelitian yang berkaitan dengan data yang berupa angka dan di analisis dengan metode statistik. Metode penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang berupaya mengkaji hubungan kualitas suatu kejadian dengan melakukan manipulasi terhadap objek penelitian, selain juga melakukan kontrol. Dengan demikian metode eksperimen dalam penelitian ini menggunakan jenis eksperimen Kuasi. Populasi berjumlah 183 anak dan sampel cluster random sampling. Teknik ini digunakan karena dalam penelitian ini peneliti menggunakan dua kelas di kelas IA dan kelas IB. yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan 28 siswa sebagai kelas kontrol, jadi total siswa adalah 56 anak. Hasil penelitian ini yaitu: 1) Terdapat pengaruh positif penerapan media rumah cetar terhadap peningkatan kemampuan calistung kelas 1 MI An-Nawawi Bagor Nganjuk. Hal ini berarti proses pembelajaran dengan menggunakan media rumah cetar dapat meningkatkan prestasi belajar Calistung. 2) Terdapat pengaruh positif gaya belajar terhadap peningkatan kemampuan Calistung kelas 1 MI An-Nawawi Bagor Nganjuk. Hal ini memiliki arti bahwa gaya belajar peserta didik baik dengan menggunakan gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan Calistung peserta didik. 3) Terdapat pengaruh signifikan penerapan media rumah cetar dan gaya belajar terhadap peningkatan Calistung peserta didik kelas 1 MI An-Nawawi Nganjuk. Hal ini berarti bahwa penerapan media rumah cetar dikombinasikan dengan gaya belajar yang tepat dapat meningkatkan Calistung peserta didik secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:09
Last Modified: 15 Aug 2024 04:09
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1668

Actions (login required)

View Item View Item