IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI AL-QUR’AN AL-HIKMAH PURWOASRI KEDIRI

Al-Jauhariyah, Ni’matulloh (2023) IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ AL-QUR’AN DI MI AL-QUR’AN AL-HIKMAH PURWOASRI KEDIRI. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
TESIS Ni'mah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (915kB)

Abstract

AL-JAUHARIYAH, NI’MATULLOH. 2023: ImplementsiMetodeTahfidzAl-Qur’an di MI Al-Qur’an Al-Hikmah Purwoasri Kediri, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program PascasarjanaUniversitas IslamTribaktiLirboyo Kediri, DosenPembimbing Dr. Jauhar Fuad, M.Pd., Dr. Diana Nur Sholihah, M.Pd.I. Kata Kunci: ImplemetasiMetodeTahfidz Al-Qur’an. Di dalam dunia pendidikan tidakakan lepas dari adanya pendidik dan peserta didik. Pendidik tidak hanya bertugas memberikan ilmu dalam proses pembelajaran, tetapi juga harus menanamkan nilai-nilai moral, sehingga akan terbentuklah peserta didik yang menguasai materi yang disampaikan, serta berakhlaqul karimah, atau memiliki karakter yang baik. Tugas guru bukan sekedar mengajar, namun juga menanamkan, serta membekali siswa dengan karakter yang baik.Diantara cara yang bisa digunakan untuk mempunyai karakter yang baik adalah dengan menghafal al-Qur’an.Dengan demikian, penelitian ini fokus terhadap metode tahfidzal-Qur’an di MI al-Qur’anal-Hikmah Purwoasri Kediri, implementasi metode tahfidzal-Qur’an di MI al-Qur’an al-Hikmah Purwoasri Kediri, dan kendala dan solusi yang diusahakan dalam penerapan metode tahfidz di MI al-Qur’anal-Hikmah Purwoasri Kediri. Tujuan penelitian ini merujuk pada fokus penelitian, yakni mengkaji metode tahfidzal-Qur’an di MI al-Qur’anal-Hikmah Purwoasri Kediri, menganalisis penerapan metode tahfidzal-Qur’an di MI al-Qur’an al-Hikmah Purwoasri Kediri, dan meneliti kendala dan solusi yang di usahakan dalam penerapan metode tahfidz di MI al-Qur’an al-Hikmah Purwoasri Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang fokus pada satu fenomena saja yang dipilih dan ingin dipahami secara mendalam. Diantara hasil temuan yang dilakukan pada wawancara dengan beberapa guru tahfidz di MIQ, dan observasi adalah: 1)Metode tahfidz al-Qur’an di MIQ al-Hikmah Purwoasri Kediri yaitu: metode talaqqy,metode muroja’ah, metode bilqolam, metode dirosah, harus menggunakan satu mushaf al-Qur’an, metode pengulangan ganda, metode sambun gayat, metode klasikal. 2) Implementasi metode tahfidz al-Qur’an di MIQ al-Hikmah Purwoasri Kediri adalah sebelum memulai hafalan al-Qur’an semua siswa harus menyelesaikan buku jilid cara membaca al-Qur’an metodeal-Baghdadi. Setelah lulus siswa baru diperbolehkan untuk memulai hafalan. 3) Kendala dan solusi yang diusahakan dalam penerapan metode tahfidz al-Qur’an di MIQ al-Hikmah Purwoasri Kediri adalah 1. Kendala: kemampuan dan perolehan tahfidz anak tidak sama,sehingga membutuhkan jam tahfidz yang lama solusi: setiap siswa diberi tugas untuk menghafalayat dirumah. 2.Kendala: siswa ramai ketika temannya sedang menghafal,solusi: Guru menggunakan metode sambung ayat, dan klasikal. Kendala: kemampuan siswa yang berbeda-beda, sehingga tidak semua sesuai dengan target kurikulum. Solusi: siswa selalu diberi semangat untuk terus menghafal berapapun hafalan yang diperoleh, tanpa putu sasa.Kendala: siswa kadang merasa jenuh dengan aktifitas menghafal al-Qur’an. Solusi: siswa dipersaingkan dengan temannya yang sudah sudah lebih banyak perolehan hafalannya, dan umrah gratis untuk siswa terbaik.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 04:07
Last Modified: 15 Aug 2024 04:07
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1661

Actions (login required)

View Item View Item