PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KAMPUNG ARAB PARE

ROHMANUDIN, ROHMANUDIN (2023) PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI KAMPUNG ARAB PARE. Masters (S2) thesis, PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN KEGURUAN.

[img] Text
Rohmanudin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ROHMANUDIN. 2023: Pendidikan Karakter Religius dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kampung Arab Pare, Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Abbas Sofwan MF. SH.I., LLM., Dr. Diana Nur Sholihah, M.Pd.I. Kata Kunci: Kampung Arab Pare, Proses Pembelajaran, Pendidikan Karakter Religius Pendidikan karakter saat ini merupakan isu hangat yang berkembang dalam dunia pendidikan. Hal ini erat kaitanya dengan dekadensi moral yang terus menjalar dari berbagai lini kehidupan. Lembaga-lembaga pendidikan perlu ikut serta melawan arus pergeseran karakter guna membentuk moral anak bangsa. Kampung Arab Pare adalah sebuah lingkungan bahasa Arab yang di dalamnya banyak berdiri lembaga pendidikan bahasa yang memiliki banyak kreatifitas dan kegiatan untuk membentuk karakter peserta didik. Bahasa Arab sangat berkaitan dengan karakter religius, karena bahasa Arab adalah bahasa Al-qur’an dan hadits serta kitab kontemporer terdahulu. Atas dasar latar belakang tersebut peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut (1) Bagaimana Proses Pembelajaran Bahasa Arab di Lembaga Kursus Kampung Arab Pare? (2) Bagaimana Penerapan Pendidikan Karakter Religius dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Kampung Arab Pare? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), sehingga informasi yang didapatkan ialah variabel-variabel seperti pendapat, sikap, prestasi, motivasi, dan lain-lain. Pada penelitian ini, peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan beberapa metode, yakni metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk analisis data peneliti mengunakan Teknik analisis alur yang meliputi; pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Selain itu, penyajian data dilakukan dengan membuat narasi yang berupa uraian teks deskriptif. Hasil penelitian, yaitu: (1) Perencanaan, pelaksanaan atau proses, dan evaluasi pembelajaran di dalam kelas dan maskan (2) Kegiatan yang menunjukkan penerapan pendidikan karakter religius di antaranya membaca asmaul husna, membuka pembelajaran dengan salam, mendoakan teman yang sakit, memasukkan unsur Islam dalam pembelajaran, menutup pembelajaran dengan do’a dan salam, shalat lima waktu secara berjamaah, mengaji Al-qur’an, membaca surah yasin dan tahlil, membaca shalawat, khitobah, dan membaca surah al-kahfi.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 15 Aug 2024 03:58
Last Modified: 15 Aug 2024 03:58
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1655

Actions (login required)

View Item View Item