Pengaruh Metode Scramble Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Di MI Nurul Huda Punjul Kabupaten Kediri

Rahayu, Wiwit Puji (2023) Pengaruh Metode Scramble Pada Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas 4 Di MI Nurul Huda Punjul Kabupaten Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (134kB)
[img] Text
2. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (124kB)
[img] Text
3. PERSETUJUAN PEMBIMBING.pdf

Download (45kB)
[img] Text
4. PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
5. DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (715kB)
[img] Text
7. BAB I.pdf

Download (693kB)
[img] Text
8. BAB II.pdf

Download (630kB)
[img] Text
9. BAB III.pdf

Download (768kB)
[img] Text
10. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (756kB)
[img] Text
11. BAB V.pdf

Download (592kB)
[img] Text
12. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Scramble, Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh metode Scramble terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode Scramble adalah salah satu pendekatan pembelajaran yang melibatkan pengacakan urutan materi atau konsep pembelajaran untuk memperkuat pemahaman dan retensi siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kuasi-eksperimen dengan kelompok kontrol acak. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode Scramble dan kelompok kontrol yang mengikuti pembelajaran dengan metode konvensional. Data hasil belajar siswa dikumpulkan melalui tes tulis yang dirancang khusus untuk mengukur pemahaman dan penguasaan materi Bahasa Jawa. Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang menggunakan metode Scramble dan kelompok kontrol yang menggunakan metode konvensional. Kelompok yang mengikuti pembelajaran dengan metode Scramble menunjukkan peningkatan yang lebih signifikan dalam hasil belajar mereka dibandingkan dengan kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan metode Scramble dapat meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa dalam mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini memiliki implikasi penting dalam konteks pengembangan metode pembelajaran Bahasa Jawa. Metode Scramble dapat dijadikan sebagai alternatif metode pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian selanjutnya dapat menggali lebih dalam faktor-faktor ang mempengaruhi keefektifan metode Scramble serta membandingkannya dengan metode pembelajaran lainnya dalam konteks mata pelajaran Bahasa Jawa atau mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: S.Sos MUHAMMAD ARVIN FARIZA
Date Deposited: 05 Aug 2024 03:01
Last Modified: 05 Aug 2024 03:01
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1645

Actions (login required)

View Item View Item