PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi Kasus Di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri)

Kurniawan, Wakib (2023) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK (Studi Kasus Di MI Plus Darussa’adah Lirboyo Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
thesis wakib.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

KURNIAWAN, WAKIB. 2023: Penerapan Strategi Pembelajaran Ekspositori Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak (Studi Kasus di MI Plus Darussa‟adah Lirboyo Kota Kediri), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Program Pascasarjana UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Hamam, M.Pd., Dr. Marita Lailia Rahman, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, Pembelajaran Ekspositori Pendidikan pada hakikatnya merupakan suatu proses pemberdayaan yaitu suatu proses untuk mengungkapkan potensi yang ada pada manusia sebagai individu yang selanjutnya dapat memberikan sumbangan kepada pemberdayaan masyarakat dan bangsanya. Tujuan pendidikan ini sejalan dengan tujuan pelatihan antara lain adalah: Pertama, untuk meningkatkan pengabdian mutu keahlian dan keterampilan; Kedua, menciptakan adanya pola pikir yang sama; Ketiga, menciptakan dan mengembangkan metode kerja yang lebih baik; dan Keempat, membina karier. Penelitian ini difokuskan pada perencanaan, proses dan evaluasi penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Plus Darusa‟adah Lirboyo Kediri. Tujuan penelitian ini merujuk pada fokus penelitiannya, yakni mendeskripsikan perencanaan, proses dan evaluasi dalam penerapan strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, jenis peelitiannya adalah studi kasus. Metode pengmpulan data yang digunakan adalah : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data adalah kepala madrasah, guru, dan peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan tiga alur kegiatan, yakni : Kondensasi data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan dan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perencanaan strategi pemebelajaran ekspositori pada mata pelajaran aqidah akhlak (studi kasus di MI Plus Darussa‟adah Lirboyo Kediri) pertama, seorang guru membuat perencanaan pembelajaran. Kedua, profesionalisme seorang guru dan kreatifitas guru sangat dibutuhkan dalam menyesuaikan media. Ketiga, seorang guru menguasai kelas. Keempat, tujuan pembelajaran. 2) proses strategi pembelajaran ekspositori pada mata pelajaran aqidah akhlak (studi kasus di MI Plus Darussa‟adah Lirboyo Kediri) pertama, guru membuka pembelajaran dengan salam dan Do‟a. Kedua, guru berperan menjadi pemimpin kegiatan pembelajaran. Ketiga, seorang guru harus bisa menghadapi dan mendisiplinkan peserta didik. Keempat, guru berperan sebagai motivator. Kelima, guru menjelaskan poin-poinnya atau garis besarnya pada materi. 3) evaluasi strategi pemebelajaran ekspositori pada mata pelajaran aqidah akhlak (studi kasus di MI Plus Darussa‟adah Lirboyo Kediri) pertama, guru memberikan penugasan kepada peserta didik. Kedua, sumber belajar, sumber belajar yang dimaksud adalah sumber belajar secara langsung (LKS. Ketiga, guru melakukan penilaian tingkah laku kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: M. Pd Pascasarjana Tribakti
Date Deposited: 21 Aug 2024 03:06
Last Modified: 21 Aug 2024 03:06
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1623

Actions (login required)

View Item View Item