MANAJEMEN PENGELOLAAN DAN STRATEGI PEMASARAN DANA HIBAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM MENGGUNAKAN PRODUK AKAD QORDHUL HASAN (Studi Kasus di BWM Berkah Rizqi Lirboyo Kota Kediri)

Putra, Gilang Maulana Alamsyah (2022) MANAJEMEN PENGELOLAAN DAN STRATEGI PEMASARAN DANA HIBAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM MENGGUNAKAN PRODUK AKAD QORDHUL HASAN (Studi Kasus di BWM Berkah Rizqi Lirboyo Kota Kediri). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
SKRIPSI GILANG_022145.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Gilang Maulana Alamsyah Putra, 2022. “Manajemen Pengelolaan dan Strategi Pemasaran Dana Hibah Perspektif Hukum Islam Menggunakan Produk Akad Qordhul Hasan (Studi Kasus di Bank Wakaf Mikro Berkah Rizqi Lirboyo Kota Kediri)”. Skripsi, Strata Satu (S1) Jurusan Perbankan Syariah Institut Agama Islam Tribakti Kediri. Pembimbing: Drs. Jamaluddin, M.HI. Kata Kunci: Manajemen, Dana Hibah, Hukum Islam, Qordhul Hasan. Qardhul hasan adalah pinjaman tanpa dikenakan biaya (hanya wajib membayar sebesar pokok utangnya), pinjaman uang seperti inilah yang sesuai dengan ketentuan syariah (tidak ada riba), karena kalau meminjamkan uang maka ia tidak boleh meminta pengembalian yang lebih besar dari pinjaman yang diberikan. Namun si peminjam boleh saja atas kehendaknya sendiri memberikan kelebihan atas pokok pinjamanny. Dari uraian diatas maka penulis melakukan penelitian pada Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Rizqi Lirboyo Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Tujuan dari Qardhul hasan untuk mencapai kesuksesan perusahaan dan kesejahteraan para nasabah. Dari uraian diatas, maka dapat ditentukan fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimana pengelolaan dan strategi pemasaran di BWM Berkah Rizqi Lirboyo Kota Kediri? dan Bagaimana strategi pemasaran produk Qordhul Hasan di BWM Berkah Rizqi Lirboyo Kota Kediri? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis untuk menjelaskan fenomena-fenomena secara proporsional untuk menggambarkan keadaan suatu obyek. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Tahap akhir mengadakan keabsahan data dengan ketekunan pengamatan dan kedalaman observasi. Hasil penelitian fokus 1 adalah pemasaran jasa dan produk Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Rizqi Lirboyo Kediri dilaksanakan menggunakan strategi pemasaran (marketing strategy), menggunakan analisis SWOT untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), ancaman (threats) dalam suatu perusahaan bisnis, dan membuat rencana pemasaran (marketing plan). Hasil penelitian fokus 2 adalah menentukan strategi pemasaran yang tepat yaitu menggunakan produk akad qordhul hasan (pinjaman tanpa biaya). Dalam merealisasikan pemasaraan akad qardhul hasan, Bank Wakaf Mikro (BWM) Berkah Rizqi Lirboyo Kediri lebih mengoptimalkan menggunakan cara langsung datang menemui calon nasabah, karena hal tersebut dapat mengenalkan produk qardhul hasan yang dikelola BWM Berkah Rizqi Lirboyo kepada masyarakat dengan lebih efisien dan menghemat biaya pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Gilang Maulana Alamsyah Putra
Date Deposited: 29 Apr 2025 03:28
Last Modified: 29 Apr 2025 03:28
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1288

Actions (login required)

View Item View Item