Implementasi pembelajaran fiqh dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Khairat Pontianak)

Shidiq, Abu Bakar (2022) Implementasi pembelajaran fiqh dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Darul Khairat Pontianak). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti Kediri.

[img] Text
Full Skripsi Abu bakr.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Fiqh dapat dikategorikan sebagai ilmu yang berkaitan dengan tingkah laku kehidupan manusia dan termasuk ilmu yang wajib dipelajari karena dengan ilmu fiqh ini, seseorang baru dapat melaksanakan kewajibannya dan mengabdikan diri kepada Allah melalui shalat, puasa, haji dan sebagainya. Dapat disimpulkan tingkat pemahaman materi fiqh adalah sampai dimana penguasaan materi fiqh tentang hukum-hukum syari’at yang dapat diketahui, dipahami dan diingat oleh individu dengan memberikan penjelasan lebih rinci menggunakan bahasanya sendiri oleh karena itu ilmu fiqh diajarkan pada setiap jenjang pendidikan islam, mulai dari tingkat dasar sampai dengan tingkat tinggi. Berdasarkan Uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian di skripsi ini sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi pembelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Darul Khairat Pontianak?, (2) Bagaimana peran pembelajaran fiqh dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di Madrasah Aliyah Darul Khairat Pontianak ? Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah jenis penenlitian kualitatif. Melalui pendekatan studi kasus yaitu salah satu metode penelitian yang dilakukan secara mendalam terhadap suatu keadaan atau kejadian, yang disebut studi kasus dengan menggunakan cara-cara yang sistematis dalam melakukan pengamatan, pengumpulan data, analisis informasi, dan pelaporan hasilnya. Penelitian mengenai implementasi pembelajaran fiqh dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa di MA Darul Khairat Pontianak, dapat disimpulkan sebagai berikut: Pertama, Pelaksanaan pembelajaran fiqh di Madrasah ‘Aliyah Darul Khairat dilakukan dengan memberikan kegiatan-kegiatan keagamaan tambahan seperti: (1) Menggunakan metode praktek. (2) Mengambil tendensi dari kitab kuning. (3) Mengadakan kegiatan ibadah tambahan. Kedua, Peran pembelajaran fiqh dalam meningkatkan kualitas ibadah siswa adalah: (1) menumbuhkan semangat siswa dalam beribadah. (2) mendisiplinkan siswa dalam beribadah. (3) membekali siswa dalam ilmu fiqh dan hukum islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mohammad Rafli
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:35
Last Modified: 08 Jun 2023 02:35
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/1037

Actions (login required)

View Item View Item