Fikrurrijal, Moh. (2023) Studi Komparasi Tentang Konsep Pendidikan Islam Perspektif An-Nawawi Dan Al-Ghazali (Studi Kitab Al-Majmu` Syarh Al-Muhaddzab Dan Ihya` Ulum Ad-din). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Sampul.pdf Download (176kB) |
|
Text
lembar keaslian karya deal.pdf Download (470kB) |
|
Text
lembar persetujuan deal.pdf Download (420kB) |
|
Text
lembar pengesahan deal.pdf Download (572kB) |
|
Text
ABSTRAK pdf.pdf Download (702kB) |
|
Text
DAFTAR ISI pdf.pdf Download (715kB) |
|
Text
BAB I pdf.pdf Download (932kB) |
|
Text
BAB II pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB III pdf.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB IV pdf.pdf Restricted to Registered users only Download (984kB) |
|
Text
BAB V pdff.pdf Download (736kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA pdfff.pdf Download (736kB) |
Abstract
ABSTRAK MOH. FIKRURRIJAL. 2022: Studi Komparasi Tentang Konsep Pendidikan Islam Perspektif An-Nawawi Dan Al-Ghazali (Studi Kitab Al-Majmu’ Syarh Al-Muhaddzab Dan Ihya’ Ulum Ad-Din), Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. H. Ali Imron, S.Ag, S.Psi, M.Fil.I. Kata Kunci: Pendidikan, An-Nawawi, Al-Ghazali, Relevansi Pendidikan merupakan komponen penting dalam kehidupan. Sebabnya, hal ini menjadi pembahasan para Ulama’ tak terkecuali Imam An-Nawawi dan Al Imam Ghazali. Untuk itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui konsep pendidikan Islam menurut An-Nawawi dan Al-Ghazali yang serta relevansi dengan perkembangan pendidikan Islam di Indonesia saat ini. Dari uraian diatas, maka dapat fokuskan kajian sebagai berikut; (1) Bagaimana konsep pendidikan Islam menurut An-Nawawi dan Al-Ghazali? (2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan Islam menurut An-Nawawi dan Al-Ghazali dengan konteks realitas pendidikan Islam di Indonesia saat ini? Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, dalam penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan dengan menggunakan analisa data desktiptif dan content analysis. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa, konsep pendidikan Islam menurut An-Nawawi yakni mewajibkan agar setiap peserta didik belajar sesuai dengan tingkatan ilmu yakni dimulai dari ilmu yang hukumnya fardu' ain hingga yang hukumnya mubah. Sedangkan menurut Al Ghazali, mewajibkan untuk mendahulukan pendidikan moral sebelum melakukan proses pembelajaran. Meskipun adanya perbedaan dari kedua Ulama’ tersebut yakni, An-Nawawi yang lebih mendahulukan proses belajar mengajar dibandingkan dengan pendidikan moral, namun keduanya memiliki tujuan pendidikan Islam yang sama, yakni pendidikan sebagai bentuk taqarrub kepada Allah. Hal tersebut pun sesuai dengan tujuan pendidikan Islam yang terdapat dalam UU No.20 Tahun 2003 tentang pendidikan nasional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 210 Filsafat dan teori agama > 215 Sains, Ilmu Pengetahuan dan Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Moh. Fikrurrijal |
Date Deposited: | 10 Apr 2023 05:36 |
Last Modified: | 10 Apr 2023 05:36 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/958 |
Actions (login required)
View Item |