Upaya guru dalam memberikan pemahaman haidl melalui pengembangan bahan ajar buku risalah haidl karya kh. Muhammad Ardani di pondok pesantren putri Islahiyatul Asroriyah Ringin Agung

Rifa'i, Ahmad (2022) Upaya guru dalam memberikan pemahaman haidl melalui pengembangan bahan ajar buku risalah haidl karya kh. Muhammad Ardani di pondok pesantren putri Islahiyatul Asroriyah Ringin Agung. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover dll.pdf

Download (1MB)
[img] Text
abstrak sampay daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (797kB)

Abstract

Haidl adalah darah yang keluar dari Rahim dinding seseorang wanita apabila telah menginjak masa baligh.. Sedangkan Pemahaman tentang haidl di Pondok putri Islahiyatul Asroriyah ini masih kurang mendetail,di karenakan singkatnya buku yang di ajarkan di madrasah, Karena mereka semua sudah baligh, namun mereka tidak semuanya paham mengenai darah haidl, dan mengingat sangat pentingnya pengetahuan tentang haidl, maka pondok pesantren putri islahiyatul asroriyah mengadakan pengem,bangan bahan ajar berupa buku Risalah Haidl karya KH. Muhammad Ardani, Penelitian ini bertjuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui upaya guru dalam memberikan pemahaman haidl melalui pengembangan bahan ajar( pembelajaran buku risalah haidl di Pondok Pesantren Putri Islahiyatul Asroriyah Ringinagung), (2) Untuk mengetahui pemahaman santri tentang haidl setelah diadakan nya pembelajaran buku risalah haidl karya KH. Muhammad Ardani di Pondok Pesantren Putri Islahiyatul Asroriyah Ringinagung, (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat upaya guru dalam memberikan pembelajaran buku risalah haidl karya KH. Muhammad Ardani di Pondok Pesantren putri Islahiyatul Asroriyah Ringinagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sedangkan metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data melalui proses reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan atau verifikasi. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Pelaksanaan Pengembangan bahan ajar sudah sesuai yang diharapkan pondok pesantren dengan melalui 2 tahapan antara lain yaitu persiapan pembelajaran dan proses pembelajaran. (2) santri dapat memahami tentang darah haidl secara mendalam dan mendetail, (3) Faktor yang mendukung upaya guru dalam memberikan pemahaman antara lain: Tempat yang memang kusus untuk belajar, Dukungan dari pondok pesantren, Minat, antusias dan semangat santri, Banyak teman belajar yang bisa di ajak sharing, Jadwal yang tertata rapi, Aturan yang mengontrol santri, Pantauan langsung dari pengurus. Sedangkan faktor yang menghambat upaya guru dalam memberikan pemahaman adalah kedisiplinan santri yang terpengaruh oleh pengaruh buruk dari teman-teman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 204 Pengalaman religius, kehidupan dan praktik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ahmad Rifa'i Wagino
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:26
Last Modified: 08 Jun 2023 02:26
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/919

Actions (login required)

View Item View Item