Sa'adah, Mutimatus (2023) Penerapan model pembelajaran Qira'ah 'Asyrah dalam meningkatkan prestasi belajar santri di Pesantren Al Farihah Darut Ta'lim II Bangsri Jepara Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
cover.pdf Download (287kB) |
|
Text
abstrak.pdf Download (521kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (535kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (581kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (659kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (579kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (582kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (533kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (517kB) |
Abstract
SA’ADAH, MUTIMATUS. 2022: Penerapan Metode Pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri Di Pesantren Al Farihah Darut Ta’lim II Bangsri Jepara, Jawa Tengah, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing H. Mahfudh, M.Pd.I. Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Ilmu Qirā′ah, Qirā′ah ’Asyrah Ilmu Qirā′ah merupakan ilmu yang paling konsen meneliti keabsahan nas Al-Qur’an, baik dari segi pengucapan maupun dari segi tulisannya. Ilmu ini mempelajari tentang cara membaca ayat-ayat Al-Qur’an berdasarkan kaidah-kaidah sepuluh qirā′ah yang masyhur yang telah disepakati sebagai qirā′ah yang mutawatir. Pesantren Al Farihah Darut Ta’lim II Bangsri Jepara merupakan salah satu lembaga pendidikan yang menyelenggarakan kajian pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah, oleh sebab itu penulis melakukan penelitian di pesantren terkait dengan judul Penerapan Metode Pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Santri Di Pesantren Al Farihah Darut Ta’lim II Bangsri Jepara, Jawa Tengah. Berdasarkan latar belakang tersebut, penulis mengambil dua poin penting yang akan menjadi rumusan masalah, yaitu: (1) Bagaiamana penerapan model pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah di pesantren Darut Ta’lim Al Farihah Bangsri Jepara? (2) Bagaimana hasil dari penerapan model pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah dalam meningkatkan prestasi santri di pesantren AlFarihah Darut Ta’lim II Bangsri Jepara? Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif yang sifatnya deskriptif supaya data yang penulis sajikan benar-benar kongkrit dan dapat menjawab rumusan masalah diatas. Sedangkan tekni pengumpulan data yang penulis gunakan adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya setelah data terkumpul penulis melakukan analisis data dengan metode analisis interaktif yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, penarikan simpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode yang di terapkan dalam proses pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah di pesantren Al Farihah Darut Ta’lim II Bangsri Jepara adalah metode talaqqi dan metode talqin. Sedangkan metode membacanya adalah dengan metode jama’ bil waqfi. (2) Proses pembelajaran Qirā′ah ’Asyrah di pesantren Al Farihah Darut Ta’lim II Bangsri Jepara berjalan cukup baik karena adanya keseimbangan atau kesesuaian antara minat belajar dengan metode yang digunakan. Namun, jika melihat kemampuan para peserta didik yang berbeda-beda tentu perolehan hasil antara peserta didik tidaklah sama. Ada yang mudah menangkap keterangan yang disampaikan oleh pembimbing, ada juga yang sedikit lambat. Qirā′ah science/knowledge is the most comprehensive study of the validity of the qur'anic nas/texts,(the knowledge that is most concerned with examining the validity of the Quranic texts) both in its pronunciation and in its writing. This science/knowledge studies and learns how to read verses from the qur 'an on the basis of the famous ten Qirā′ah rules that have been agreed upon as mutawwatir Qirā′ah. Alfarihah Darut Ta'lim II Boarding School ,Bangsri Jepara is one of the educational institutions that conducts Qirā′ah 'asyra learning studies, therefore the writer/author studies + conduct research at islamic boarding schools associated with the introduction of qiro 'ah asyro's method of learning in improving student achievement at Al Farihah Darut Ta'lim II Islamic Boarding School bangsri jepara, central Java. Based on that background, the author draws two key points that will become the formulation of the problem, which is: (1) how is the application of the Qiro 'ah 'asyro learning model at Al Farihah darut Ta'lim II Boarding School bangsri jepara? (2) how are the results of the application of the Qirā′ah 'asyro learning model in increasing/improving student's performance/achievement at the AlFarihah Darut Ta'lim II boarding school bangsri jepara? In this study the authors used qualitative and descriptive methods of research to make the data that the author presents to be truly concrete/really thick-and able to address the problem formulation above. Whereas the text-collecting data that the author uses is by observation, interview and documentation. Furthermore after the data has been collected, the authors do data analysis by interactive analysis methods which consist of/is made up of: data reduction, data presentation, drawing conclusions and verification drawing. Research indicates that/ the results showed that: (1) the method applied in the learning process of Qirā′ah asyro at the al farihah darut ta'lim II boarding school Bangsri Jepara was the talaqqi methods and talqin methods. Whereas the method of reading it was the jama' bil waqfi method. (2) the process of learning qiroah 'asyro at al farihah darut ta'lim II boarding school bangsri jepara runs quite well because of the balance or harmony/suitability between interest in learning by the method used. However, when considering the abilities of the various learners, the results between learners are of course, not the same. Some were easily informed by tutors/easy to catch the information conveyed by the tutors, while others were slightly slow/ a little slow
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | mutimatus sa'adah |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/905 |
Actions (login required)
View Item |