URGENSI PROGRAM PONDOK SEPEKAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL IHSAN PAKAMBAN DAYA PRAGAAN SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2021-2022

UBAID, FACHRI (2022) URGENSI PROGRAM PONDOK SEPEKAN TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN SISWA MADRASAH ALIYAH DARUL IHSAN PAKAMBAN DAYA PRAGAAN SUMENEP TAHUN PELAJARAN 2021-2022. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (497kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text
Daftar Pusataka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (23kB)
[img] Text
Daftar Pusataka.pdf

Download (24kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (243kB)

Abstract

Kegiatan non formal adalah merupakan suatu upaya untuk meningkatkan atau menghasilkan suatu lulusan yang sesuai dengan tuntutan zaman pada saat sekarang. Kita tahu bahwa sebenarnya di era globalisasi ini kita dituntut untuk dapat menyesuaikan diri sesuai dengan kompetensinya. Jadi lembaga pendidikan sebagai suatu wadah dalam rangka untuk mempersiapkan para penerus bangsa, maka perlu mengupayakan agar supaya lulusan dari sekolah itu mampu berkiprah dalam era global ini. Sedangkan kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan di lembaga ini adalah mengadakan pembinaan pramuka, sanggar, serta pondok sepekan. Adapun program pondok sepekan ini adalah program yang berlangsung di luar kegiatan intrakurikuler (pokok). Jadi penelitian ini meliputi program pondok sepekan yang berisikan aktifitas atau kegiatan yang dapat bimbingan khusus yang dilakukan dalam seminggu dua kali yaitu pada hari sabtu dan juga selasa di Madrasah Aliyah Darul Ihsan dengan cara mengasramakan semua siswa terutama bagi yang kalong, dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa. Namun apakah dari apa yang telah diusahakan dilembaga ini memiliki dampak terhadap kemampuan siwa, sebagai suatu upayadalam memperbaiki pengetahuan siswa. Dan juga sebagai suatu usaha dalam rangka memperbaiki suatu lulusan yang layak pakai. Maka dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa pentingnya program pondok sepekan terhadap peningkatan kemampuan siswa di Madrasah Aliyah Darul Ihsan tahun pelajaran 2021-2022, dan seberapa besar pengaruh yang ditimbulkannya. Penelitian ini kemudian hendak mengungkap efektivitas, kelebihan dan kekurangan program pondok sepekan terhadap peningkatan siswa di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Pakamban Daya Pragaan Sumenep. Jenis penelitian ini adalah penelitian kulitatif-deskriptif dengan pendekatan lapangan (field research). Data-data dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis mengunakan metode Miles dan Huberman dengan tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data, penyimpulan/verifikasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran
Depositing User: ali mustofa
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:43
Last Modified: 08 Jun 2023 02:43
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/890

Actions (login required)

View Item View Item