Peranan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Dalam Meningkatkan Kompetensi Musyawarah Di Pondok Pesantren Lirboyo

HIMAM, A’LAL (2022) Peranan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Dalam Meningkatkan Kompetensi Musyawarah Di Pondok Pesantren Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
cover.pdf

Download (551kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (527kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (767kB)

Abstract

Musyawarah memiliki peranan yang sangat penting dalam peningkatan kompetensi siswa dalam belajar karena dalam musyawarah siswa tidak hanya dituntut untuk kritis siswa juga dituntut untuk berargumen dan mempertanggung jawabkan kebenaran dari argumen yang dia kemukakan, tak terkecuali di Pondok Pesantren Lirboyo yang mana sudah menjadi rahasia umum bahwa salah satu kunci sukses Pondok Pesantren Lirboyo dalam meningkatkan kompetensi siswa adalah dengan selalu intens meningkatkan kualitas musyawarah dan kegiatan-kegiatan tambahan yang bernuansa musyawarah seperti Bahtsul Masa’il, Musyawarah Gabungan dan lain-lain, maka dari itu peran dari sebuah lembaga yang intens dalam mengurus musyawarah sangat diperlukan, dan terbentuklah Majelis Musyawarah Madrasah hidayatul Mubtadiin, atau yang lebih sering dikenal dengan sebutan M3HM. Fokus penelitian ini untuk mengetahui seperti apa sistem musyawarah di Madrasah Hidayatul Mubtadiin pondok pesantren Lirboyo, bagaimana peranan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin dalam meningkatkan kompetensi musyawarah di pondok pesantren Lirboyo dan bagaimana dampak dari program-program yang telah terlaksana. Disini penulis menggunakan pendekatan penelitian berparadigma kualitatif, yaitu jenis penelitian yang berfokus memahami dan mengamati orang disekitarnya dan berinteraksi dengan orang-orang yang berhubungan dengan fokus penelitian dengan tujuan menggali pandangan dan pengalaman mereka untuk mendapat informasi atau data yang diperlukan. Hasil dari penelitian akan mendeskripsikan bagaimana sistem musyawarah di pondok pesantren Lirboyo berjalan, seberapa besar peranan Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin dalam meningkatkan kompetensi musyawarah di Pondok Pesantren Lirboyo dan dampak dari program-programnya seperti apa. Dalam prakteknya Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin berusaha semaksimal mungkin untuk meningkatkan kompetensi siswa mulai dai mengadakan kegiatan Penataran Keroisan, Tim Khusus (Timsus), Bimbingan belajar hingga monitoring kegiatan musyawarah di kelas-kelas. Tidak berhenti disitu Majelis Musyawarah Madrasah Hidayatul Mubtadiin juga mewadahi kegiatan ekstrakulikuler Mading Hidayah dengan harapan hasil kajian keilmuan dalam musyawarah tidak hanya sekedar selesai dalam sebuah diskusi, namun dapat dipublikasikan dalam bentuk tulisan agar khazanah keilmuan pesantren juga dapat diakses berbagai pihak, tidak hanya bagi santri namun juga bekerjasama dengan pengelola situs Lirboyo.net agar hasil diskusi di kelas-kelas dapat dinikmati oleh pembaca yang berada di luar pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 207 Misi dan pendidikan agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: ido ahmad
Date Deposited: 08 Jun 2023 01:56
Last Modified: 08 Jun 2023 01:56
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/879

Actions (login required)

View Item View Item