Pengaruh penggunaan media sosial terhadap intensitas belajar santri Madrasah Ihya Ulumuddin Putri Lirboyo Kediri

Nabilah, Firyal (2023) Pengaruh penggunaan media sosial terhadap intensitas belajar santri Madrasah Ihya Ulumuddin Putri Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER dkk..pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (473kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (364kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (449kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (224kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (951kB)

Abstract

Smartphone digunakan dari beberapa kalangan, mulai dari orangtua, orang dewasa, remaja, bahkan anak kecil yang masih dibawah umur. Karena di era ini kita dituntut untuk bisa mengaplikasikan dan memanfaatkan teknologi digital. Semua orang sudah beralih ke teknologi digital untuk pekerjaan bahkan untuk pendidikan. Era digital menyebabkan perkembangan teknologi komunikasi memunculkan media sosial yang tentunya sangat diminati dan berkembang sangat pesat dari hari ke hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap intensitas belajar santri Madrasah Ihya Ulumuddin Putri Lirboyo Kediri. Subjek penelitian ini adalah santri yang dapet mengakses media sosial sebanyak 222 dengan populasi santri sebanyak 259 dengan menggunakan sampel 56 santri. Penelitia ini menggunakan jenis kuantitatif metode asosiatif. Penelitian ini melibatkan dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas yaitu penggunaan media sosial dan variabel terikat yaitu intensitas belajar. Metode pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, dan wawancara. Teknink analisis data yang digunakkan adalah analisis uji koefisien regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap intensitas belajar santri Madrasah Ihya Ulumuddin Lirboyo Kediri. Dari hasil penetian ini diketahui nilai sinifikansi sebesar 0,00 < 0,05 ang artinya Ha diterima dan Ho ditolak. Data tersebut menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media sosial terhadap intensitas belajar santri Madrasah Ihya Ulumuddin Lirboyo Kediri. Dalam penelitian ini intensitas belajar santri 22,5% dipengaruhi oleh penggunaan media sosial dan 77,5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Kata Kunci : Media Sosial, Intensitas Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: firyal nabilah
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:13
Last Modified: 08 Jun 2023 02:13
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/854

Actions (login required)

View Item View Item