Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Kitab Kuning Santri di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah AL-Badriyyah PP. Al-Ishlah Kota Kediri

Azizatul Farikha, Dewi (2023) Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Kitab Kuning Santri di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah AL-Badriyyah PP. Al-Ishlah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover.pdf

Download (204kB)
[img] Text
persetujuan publikasi.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Daftar isi-1.pdf

Download (630kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (147kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (574kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (628kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (259kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (397kB)

Abstract

ABSTRAK FARIKHA DEWI AZIZATUL.2022: Strategi Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Kitab Kuning Santri di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah PP. Al-Ishlah Kota Kediri, Dosen Pembimbing, Wasito, M.PD.I Kata kunci: Strategi guru, minat belajar, kitab kuning, santri. Kitab kuning merupakan suatu yang menjadi ciri khas sebuah lembaga pendidikan tertua di Indonesia yaitu Pondok Pesantren. Kitab kuning yang dalam penulisannya menggunakan bahasa arab suatu tantangan tersendiri bagi para santri yang mempelajarinya dari mulai masalah linguistik, morfologis, dan sintaksis. Tak jarang terdengar anggapan kitab kuning merupakan sumber pelajaran yang sudah kuno. Terlibih lagi di zaman ini dimana beberapa kalangan lebih terobsesi di pendidikan formal. Di sinilah peran guru, bagaimana guru kitab kuning bisa menarik minat belajar santri agar termotivasi, antusias dalam mempelajari kitab kuning yang di dalamnya terdapat kajian-kajian islam yang sudah di karang oleh ulama-ulama salaf dengan harapan dapat bermanfaat untuk dirinya dan terlebih lagi orang-orang islam di sekelilingnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan pembelajaran kitab kuning di Madrasah Diniyyah Takmilyyah Al-Badriyyah PP. Al-Ishlah Kota Kediri? Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan minat belajar kitab kuning santri di Madrasah Diniyyah Takmilyyah Al-Badriyyah PP. Al-Ishlah Kota Kediri? Dan bagaimana hasil dari strategi guru dalam meningkatkan minat belajar kitab kuning santri di Madrasah Diniyyah Takmilyyah Al-Badriyyah PP. Al-Ishlah Kota Kediri? Metode penelitian dalam penelitian ini dengan metode penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan studi kasus. Adapaun teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengumpulan data: wawancara dan observasi . Hasil dari penelitian ini menunjukkan pelaksaanaan pembelajaran kitab kuning . di Madrasah Diniyyah Takmiliyyah Al-Badriyyah yaitu pada waktu sore hari untuk madrasah jenjang Ibtidaiyyah dan malam hari untuk jenjang Tsanawiyyah dan Aliyyah. Kemudian setiap tahun akan diadakan ujian dua kali yaitu di semester satu dan semester dua sebagai evaluasi pembelajaran kitab kuning serta ujian akhir jenjang yaitu ujian munaqosyah. Adapun beberapa strategi yang dilakukan guru dalam meningkatkan minat belajar kitab kuning santri adalah sebagai berikut: menjadi figur yang baik bagi santri, gaya mengajar yang bervariasi, merelevansikan dengan kehidupan sehari-hari, pengelolaan iklim kelas dan memberikan motivasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: dewi farikha
Date Deposited: 08 Jun 2023 02:38
Last Modified: 08 Jun 2023 02:38
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item