Sholihah, Anisatus (2022) MANAJEMEN PERUBAHAN KURIKULUM MADRASAH DINIYAH HM AL MAHRUSIYAH PUTRI LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1 cover.pdf Download (228kB) |
|
Text
2 bab 1.pdf Download (172kB) |
|
Text
3 bab 2.pdf Download (182kB) |
|
Text
4 bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (161kB) |
|
Text
5 bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
Text
6 bab 5.pdf Download (33kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (99kB) |
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui Manajemen Perubahan Kurikulum di Madrasah Diniyah Putri Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Tujuan manajemen perubahan kurikulum ini tentunya dengan harapan besar akan membawa kemajuan dalam proses pembelajaran di Madrasah Diniyah Al Mahrusiyah Putri Lirboyo. Oleh karena itu, dengan adanya penelitian ini sebagai wujud kaingin tahuan peneliti tentang penerapan manajemen perubahan kurikulum beserta dampak yang terjadi setelah adanya perubahan manajemen kurikulum Madrasah Diniyah tersebut. Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana Implementasi Manajemen Perubahan Kurikulum Madrasah Diniyah Hm Al Mahrusiyah Putri Lirboyo Kediri? (2) Adakah dampak dari Implementasi Manajemen Perubahan Kurikulum Madrasah Diniyah Hm Al Mahrusiyah Putri Lirboyo Kediri? Dengan menggunakan metode penelitian kualitatif dan dengan menggunakan pendekatan Fenomenologi, peneliti berharap dapat menemukan pemahaman dan mengetahui tentang Manajemen Perubahan Kurikulum Madrasah Diniyah Purti Al Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Hasil penelitian yaitu: (1) Implementasi Manajemen Perubahan Kurikulum Madrasah Diniyah Hm Al Mahrusiyah Putri Lirboyo Kediri di dahului dengan langkah-langkah: Perencanaan, di madrasah diniyah al mahrusiyah yang menjadi dasar perubahan karna kualitas dan kemampuan siswi semakin meningkat kemudian oleh pihak pimpinan Lembaga di musyawarohkan, mulai dari PKM (Pembantu Kepala Madrasah), WAKA (Wakil Kepala Madrasah), dan juga Kepala Madrasah sendiri. Dibantu oleh pihak-pihak yang lain mulai dari Madrasah Diniyah, dan juga seluruh pengajar di tingkatan Aliyah. Setelah semuanya sepakat, kemudian di sepakatilah perubahan tersebut. Pengorganisasian, dalam madrasah diniyah pengorganisasian ini di bentuk oleh pihak madrasah diniyah dengan di bentuknya Tim HSPK yakni Kepala Madrasah bertugas bertanggung jawab penuh atas madrasah diniyah dan memantau tim yang telah di beri amanah yang mana telah di bantu oleh WAKA (wakil kepala madrasah) dari semua perubahan kurikulum, PKM (Pembantu Kepala Madrasah) bertugas mengkoordinir dan bertanggung jawab penuh terhadap kurikulum madrasah diniyah. Pelaksanaan, proses atau usaha seorang guru menggerakkan siswi-siswinya dalam melaksanakan perubahan kurikulum yang telah di rencanakan di jauh-jauh hari dengan penerapan kurikulum yang telah diterapkan oleh Madrasah Diniyah. Pengevaluasian, dixiv madrasah diniyah al mahrusiyah mengadakan pengevaliasuan khususnya untuk penerapan perubahan kurikulum yang mana hasilnya dari pihak Madrasah Diniyah mengharuskan mengadakan jam tambahan karena dengan waktu yang yang telah ditentukan menurut mustahiq sangat di sulitkan untuk mencapai target makna dan penjelasan yang telah ditentukan oleh madrasah diniyah. (2) Dampak dari perubahan kurikulum madarsah diniyah putri al mahrusiyah lirboyo kediri, yakni mempunyai dampak positif yakni materinya sangat meluas dan banyak membahas tentang kejadian sehari-hari dan negative bagi pengajar dan pelajar sendiri yakni waktu yang kurang memadai menjadikan sebuah kendala bagi semua pihak yang bersangkutan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Selvi Ikhfina Rizqi |
Date Deposited: | 08 Jun 2023 02:38 |
Last Modified: | 08 Jun 2023 02:38 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/824 |
Actions (login required)
View Item |