Ta'ayun, Nabila Kurur (2023) Implementasi model pembelajaran talking stick pada mata pelajaran al qur'an hadits kelas I MI Hidayatus Sholihin. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Pengesahan.pdf Download (274kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (306kB) |
|
Text
cover.pdf Download (664kB) |
|
Text
daftar isi.pdf Download (306kB) |
|
Text
Abstrak.pdf Download (420kB) |
|
Text
bab I.pdf Download (386kB) |
|
Text
bab II.pdf Download (550kB) |
|
Text
bab III.pdf Download (374kB) |
|
Text
bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (840kB) |
|
Text
bab V.pdf Download (348kB) |
|
Text
daftar pustaka.pdf Download (453kB) |
Abstract
Guru merupakan salah satu faktor yang cukup berpengaruh dalam peningkatan kualitas pendidikan. Guru mempunyai tugas untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai pendidik. Oleh karena itu seorang guru harus memenuhi kompetensi guru. Guru harus mampu mengelola kelas dengan tepat. Hal ini bisa terwujud salah satunya dengan cara menggunakan model dan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik siswa. Guru dituntut untuk berpikir se-kreatif dan se-inovatif mungkin untuk bisa menemukan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil observasi peneliti, motivasi belajar siswa dikelas MI Hidayatus Sholihin masih kurang yang mengakibatkan pencapaian hasil belajar siswa belum maksimal. Oleh karena itu, peneliti ingin mengimplementasikan model pembelajaran yang dapat meningkatkan motivasi belajar mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas I MI Hidayatus Shoihin dan menjelaskan hasil dari implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas I MI Hidayatus Shoihin. Penelitian tentang implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas I MI Hidayatus Shoihin ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang dipakai berupa pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1) Implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas I MI Hidayatus Sholihin terdiri dari tiga tahapan, yakni tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. 2) Implementasi model pembelajaran Talking Stick pada mata pelajaran Al Qur’an Hadits kelas I MI Hidayatus Sholihin berhasil meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil wawancara dan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan. Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Talking Stick mencapai Persentase Ketuntasan Klasikal sebesar 82,3% dari jumlah keseluruhan siswa 34 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Nabila Kurur Ta'ayun |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:44 |
Last Modified: | 18 Nov 2023 02:19 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/721 |
Actions (login required)
View Item |