Balya, Abda' (2021) Motivasi pengajar dalam mendidik santri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
Cover.pdf Download (122kB) |
|
Text
Pernyataan.pdf Download (350kB) |
|
Text
Persetujuan.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
|
Text
Pengesahan.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (971kB) |
|
Text
02. Bab I Pendahuluan.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. Bab II Kajian Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
04. Bab III Metode Penelitian.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
05. Bab IV Hasil Penelitian dan Pembahasan.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
06. Bab V .pdf Download (679kB) |
|
Text
Daftar Pustaka, dll.pdf Download (683kB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah usaha manusia untuk mengembangkan kemampuan seseorang melalui bimbingan, pengajaran, dan latihan untuk mempersiapkan perannya di masa mendatang. Tujuan pendidikan adalah untuk menolong dan memudahkan terjadinya perubahan pada seseorang. Santri adalah istilah bagi seseorang, yang secara khusus mempelajari ilmu agama. Dalam proses pendidikannya seorang santri terus menerus di bimbing oleh seorang guru ataupun pengajar agar tidak salah dalam memahami agama. Karena dalam menjalankan agama tidak hanya butuh terhadap pemahaman yang tepat, tetapi juga butuh adanya sanad keilmuan. Maka peran seorang pengajar sangat penting dalam membimbing pemahaman agama seorang santri. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa peran pengajar dalam proses mendidik santri merupakan peran yang sangat penting. Maka dalam menjalankan perannya dibutuhkan sebuah motivasi yang sangat kuat. Dengan demikian dapat diambil fokus penelitian, yaitu: 1) Apa motivasi pengajar dalam mendidik santri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin? (2) Bagaimana implikasi pengajar dalam mendidik santri di Madrasah Hidayatul Mubtadiin? Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana ditunjukkan untuk menganalisis dan menyajikan keadaan yang sebenarnya terjadi di lokasi penelitian dan untuk jenis datanya yaitu kualitatif. Penelitian ini merupakan penelitian berbasis lapangan (field research) yang artinya penelitian dilakukan secara langsung dan berhubungna pada obyek yang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa motivasi pengajar di Madrasah Hidayatul Mubtadiin, dalam melakukan perannya sangat maksimal. Hal ini dilakukan karena mereka memiliki motivasi yang kuat diantaranya adalah semangat berkhidmah dan menyebarkan ilmu pengetahuan. Motivasi tersebut juga diimplikasikan dengan banyaknya aktivitas mereka dalam menangani proses pendidikan santri. Bahkan, hampir seluruh waktunya digunakan untuk menemani para santri dalam belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Abda Balya Maftuha |
Date Deposited: | 01 Dec 2022 08:35 |
Last Modified: | 01 Dec 2022 08:35 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/68 |
Actions (login required)
View Item |