Hakim, Rislina (2023) Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur'an Menggunakan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Rekognisi Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dasar Di TK Aisyiyah Bustanul Athfal VIII Ds.Tertek Kec.Pare kab.Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
cover OK.pdf Download (962kB) |
|
Text
BAB 1 - 5 + daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
|
Text
lampiran.pdf Download (492kB) |
Abstract
Manusia dicptakan berdasarkan fitrah dan fitrah itu adalah Al�Qur’an.Membaca Al-Qur’an berati menghadirkan kembali fitrah itu dalam hati.Bersama Al-Qur’an manusia menemukan kemanusiaannya, keliru apabila manusia mencari kebahagiaan dengan meninggalkan Al-Qur’an karena Al-Qur’an adalah kebahagiaannya.Maka itu pembelajaran Al-Qur’an adalah langkah paling kongkrit dalam memenuhi fitrah tersebut.Menjawab hal ini beragai metode pembelajaran Al-Qur’an hadir untuk turut menyukseskan program tersebut.Karena dalam pembelajaran Al-Qur’an salah satu yang paling sering dilihat masyarakat adalah segi metode.Dari sekian banyak metode pembelajaran Al-Qur’an adalah metode Tilawati. Dari penjelasan tersebut, dapat di tarik beberapa rumusan masalah untuk dilakukan penelitian yaitu; 1) Bagaimana proses pembelajaran Al-Qur’an di TK ABA VIII Tertek; 2) Bagaimana pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati dalam meningkatkan rekognisi pelajaran pendidikan agama islam dasar di TK ABA VIII Tertek ? Penelitina ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan variable tunggal.Data yang diperoleh melalui wawancara dan studi dokumentasi selanjutnya di analisis dengan menggunakan pola piker deduktif.Data yang menjadi rujukan penulis adalah data dokumentasi TK ABA VIII tahun 2021- 2022serta observasi dan wawancarapenerapan metode Tilawati TKABA VIII. Dari hasil penelitian ini dapat di ketahui bahwa ; 1) Proses Pembelajaran Al-Qur’an di TK ABA VIII Tertekmerupakan salah satu program unggulan yang wajib di ikuti semua siswanya; 2) Pembelajaran baca tulis Al-Qur’an menggunakan metode Tilawati dalam meningkatkan rekognisi pelajaran pendidikan agama Islam dasar di TK ABA VIII Tertek. Metode ini merupakan panduan membaca, menulis dan menghafal Al-Qur’an yang disusun berdasarkan tingkat pembelajaran Al-Qur’an dasar dari mengenal huruf-huruf hijaiyah, membaca dan menulis huruf hijaiyah. Matode ini dipilih karena sangat efektif dalam mencetak siswa/siswi yang pandai membaca, menulis bahkan menghafal Al-Qur'an Al-Karim.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 202 Ajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | RISLINA Hakim |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:13 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:13 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/660 |
Actions (login required)
View Item |