PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI

Dewi, Afidatul Kamelia (2022) PEMBIASAAN MEMBACA ASMAUL HUSNA UNTUK MENUMBUHKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MADRASAH ALIYAH AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (760kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (128kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)

Abstract

ABSTRAK AFIDATUL KAMELIA, DEWI. 2022: Pembiasaan Membaca Asma’ul Husna Untuk Menumbuhkan Karakter Religius Pada Siswa di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. Zaenal Arifin, M.Pd.I. Kata Kunci: Pembiasaan, Asma’ul Husna, Karakter Religius. Masa SMA merupakan masa transisi siwa, dimana siswa pada saat itu mencari jati dirinya dan sangat memungkinkan mereka lebih bebas untuk mengekspresikan diri dan bertindak, baik itu hal- hal yang positif atau bahkan sebaliknya. Fenomena kenakalan remaja adalah salah satu dari beberapa fenomena masalah serta penyakit sosial. Lembaga pendidikan merupakan salah satu wadah yang mana masyarakat sangat berharap dapat menjadi pintu gerbang dalam menghadapi masalah ini. Tujuan penelitian yaitu 1) untuk mengetahui proses pelaksanaan pembiasaan asma’ul husna di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. 2). Untuk mengetahui penghayataan siswa terhadap pembisaan membaca asma’ul husna dapat menumbuhkan karakter religius di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Adapun pengumpulan data yang dilakukan peneliti yaitu menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman yaitu data reduksi, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian yaitu 1). Proses pelaksanaan pembiasaan membaca asma’ul husna di Madrasah Aliyah Al-Mahrusiyah Lirboyo melalui beberapa tahap yaitu pengerahuan, perasaan, dan tindakan. Pembiasaan ini dilakukan setiap hari sebelum Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dimulai dan dipimpin melalui speaker oleh salah satu siswa yang bertugas dan dilakukan secara bergirian. 2). Penghayataan siswa terhadap pembiasaan membaca asma;ul husna dapat menumbuhkan karakter religius di Madrasah Aliyah Al-Marusiyah Lirboyo Kediri yaitu memiliki perilaku membaca doa sebelum belajar atau mengerjakan sesuatu, memiliki sikap yang ramah atau sopan dengan terciptanya 3S (Senyum, Sapa, dan Salam), dam memiliki sikap disiplin yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 371 Sekolah dan aktivitasnya; pendidikan khusus
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Dewi Afidatul Kamelia
Date Deposited: 20 Jan 2023 02:23
Last Modified: 20 Jan 2023 02:23
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/647

Actions (login required)

View Item View Item