Hisam, Abdul (2023) Kreativitas mengajar Guru Madrasah Diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar nahwi di Pondok Pesantren Attibyan Kepulungan Gempol Pasuruan. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
Text
COVER DKK.pdf Download (848kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (384kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (534kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (397kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (225kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
Abstract
ABSTRAK HISAM, ABDUL. 2022: Kreativitas Mengajar Guru Madrasah Diniyah Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Nahwu Di Pondok Pesantren Attibyan Kepulungan Gempol Pasuruan, Pendidikan Agama Islam Tarbiyah, IAIT Kediri, Dosen Pembimbing M.Arif Khoiruddin, S.Sos.I., M.Pd.I Kata Kunci: Kreativitas Mengajar Guru, Motivasi Belajar Pembelajaran di Madrasah Diniyah mencakup ilmu-ilmu agama ilmu-ilmu ini biasanya dipelajari dalam kitab yang disebut dengan kitab kuning. Mempelajari ilmu Nahwu ini merupakan keharusan seseorang dalam memahami materi pelajaran dalam kitab kuning. Banyaknya santri yang kurang semangat dalam kegiatan belajar merupakan salah satu penyebab rendahnya kualitas belajar santri. salah satu upaya dalam menumbuhkan rasa semangat santri dalam pembelajaran di Pondok Pesantren At-Tibyan Gempol Pasuruan yaitu dengan adanya bentuk kreativitas mengajar guru guna meningkatkan motivasi belajar. Dari uraian di atas, maka masalah dalam penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana motivasi belajar nahwu di Pondok Pesantren At-Tibyan Gempol Pasuruan? (2) Bagaimana kreativitas mengajar guru madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar nahwu? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang mana mendeskripsikan kreativitas mengajar guru madrasah diniyah dalam meningkatkan motivasi belajar nahwu di pondok pesantren attibyan kepulungan gempol pasuruan. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) pemberian motivasi belajar siswa oleh guru dengan menyajikan sejarah-sejarah, adanya tanya jawab, pemberian ulangan pelajaran. Serta ditunjang dengan kegiatan madrasah yakni bathsul masail, lalaran Nadzom, dan sorogan kitab.(2) kreativitas mengajar guru dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan metode bandongan, guru memberikan beberapa sejarah yang diambil dari syi’ir-syi’ir atau hadis yang ada dalam kitab. Kemudian sistem roisan dimana salah satu santri memimpin berjalannya musyawaroh sederhana ringakasan dari materi ajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | RICHA HASNA |
Date Deposited: | 27 Jan 2023 02:16 |
Last Modified: | 27 Jan 2023 02:16 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/582 |
Actions (login required)
View Item |