Pelaksanaan ekstrakurikuler dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri

Syafi'i, Ahmad Deni (2022) Pelaksanaan ekstrakurikuler dalam mengembangkan kreativitas peserta didik di MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (341kB)
[img] Text
02. SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] Text
03. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah merupakan lingkungan yang sangat pas untuk mengembangkan kreativitas anak. Hal tersebut juga dikemukakan oleh Utami Munandar. Menurut Utami Munandar, sekolah merupakan aspek yang sangat strategis dalam mengembangkan kreativitas anak. Sebagai lembaga yang strategis untuk mengembangkan kreativitas, sudah seharusnya lembaga sekolah kini mampu menyajikan pengalaman-pengalaman baru, menyediakan sarana dan prasarana serta suasana yang aman dan mendukung anak untuk bersibuk diri secara kreatif. Berpijak dari latar belakang di atas penulis memfokuskan pada beberapa rumusan masalah, yaitu (1) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler dalam mengembangkan Kreativitas peserta didik di MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri? (2) Apa faktor yang menghambat pelaksanaan ekstrakurikuler dalam mengembangkan Kreativitas peserta didik di MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri? Di dalam pembahasan dan penelitian penulis menggunakan dua jenis pendekatan yaitu landasan teoritis dan studi lapangan. landasan teoritis merupakan pembhasan dengan mengkaji sumber-sumber pustaka yang berkaitan dengan judul menggunakan metode induktif. Sedangkan studi lapangan merupakan penelitian empiris untuk mendapatkan gambaran langsung tentang objek penelitian dengan menggunakan metode observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Dari hasil analisis yang penulis kemukakan dapat disimpulkan bahwa pihak MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri dalam upaya mengembangkan daya kreativitas anak didik adalah berupa. pertama persiapan, dengan cara : a) menentukan target pembelajaran b) mempersiapkan media pembelajaran c) menyiapkan sarana prasarana. Kedua pelaksanaan, dengan cara : a) penyampaian materi b) mencontohkan/memperagakan c) praktek. Ketiga evaluasi dengan cara, dilakukan pada setiap tahunan/semesteran. Adapun Faktor yang menghambat kegiatan ektrakulikuler dalam upaya mengembangkan kreativitas anak didik di MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri dibagi menjadi dua faktor: pertama faktor internal (dari diri sendiri) meliputi kurang minatnya anak didik atas kegiatan/program di sekolah dan kurangnya kesadaran diri untuk mengembangkan segala potensi yang ada. Kedua faktor eksternal (lingkungan) meliputi teman yang kurang baik, lingkungan pergaulan yang tidak perduli dan tidak mau bekerja sama atas segala program yang di adakan oleh MA Raudlatut Thalabah Kolak Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ahmad Deni Syafi'i
Date Deposited: 21 Jan 2023 03:16
Last Modified: 21 Jan 2023 03:16
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/573

Actions (login required)

View Item View Item