Analisis bauran pemasaran pada KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah KCP Tanjunganom Nganjuk

Ajis, Abdul (2022) Analisis bauran pemasaran pada KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah KCP Tanjunganom Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover & Bagian Awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (708kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (828kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci: Pemasaran, Bauran Pemasaran. Pada era modern ini, manusia sulit terlepas dari peran Lembaga yang menyediakan jasa keuangan, karenanya koperasi Syariah mempunyai peluang untuk menjalankan fungsinya sebagai penghimpun dan penyalur dana bagi masyarakat, maka untuk menjalankan fungsi tersebut perlu adanya upaya pemasaran yang tepat baik dari segi produk, harga, promosi dan tempat, yang merupakan serangkaian penting dalam pemasaran dan dikenal dengan variabel bauran pemasaran 4P (product, price, promotion, place). Untuk itu, penulis mengangkat permasalahan mengenai bauran pemasaran dengan studi kasus pada KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah KCP Tanjunganom Nganjuk. Rumusan masalah dalam penelitian ini difokuskan pada dua permasalahan yaitu, 1) bagaimana pemasaran produk-produk KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah KCP Tanjunganom Nganjuk, dan 2) bagaimana bauran pemasaran pada KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah KCP Tanjunganom Nganjuk. Dalam penelitian ini, digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, serta mengumpulkan data berupa data foto, dokumen, dan lain-lain yang berkaitan dengan judul penelitian. Hasil Penelitian disimpulkan bahwa KSPPS Tunas Artha Mandiri Syariah KCP Tanjunganom Nganjuk memasarkan produk-produknya bagi segmen tertentu yaitu para petani dan pelaku UMKM; disamping itu, memasarkan beberapa produknya untuk semua segmen (mass marketing). Bauran pemasaran yang dilakukan yaitu dengan menyediakan berbagai lini produk (product mix) Lembaga Keuangan Syariah; harga yang ditetapkan berdasarkan prinsip syariah yaitu profit & loss sharing, margin (ribh) & ujrah/ fee dengan persentase 1,4% s/d 1,75%; memanfaatkan bauran promosi (promotion mix); dan berada ditempat yang strategis, dekat pasar sasaranya, dan mudah untuk dijangkau.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 330 Ekonomi
300 – Ilmu Sosial > 330 Ekonomi > 332 Ekonomi keuangan
Divisions: Fakultas Syariah > Perbankan Syariah
Depositing User: Abdul Ajis
Date Deposited: 21 Jan 2023 02:51
Last Modified: 21 Jan 2023 02:51
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/551

Actions (login required)

View Item View Item