Fiki, Muthoharoh (2022) Pengaruh home visit terhadap prestasi belajar siswa kelas II SDN Karanganyar di masa pandemi Covid-19(mata pelajaran PAI). Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
1 sampul.pdf Download (182kB) |
|
Text
2 persetujuan.pdf Download (942kB) |
|
Text
3 ABSTRAK.pdf Download (184kB) |
|
Text
4 DAFTAR ISI.pdf Download (208kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (557kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (569kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (671kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (193kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (412kB) |
Abstract
Pandemi covid-19 yang melanda Indonesia lebih dari satu tahun lamanya memberikan dampak yang buruk terhadap dunia pendidikan di Indonesia terutama Pendidikan Dasar. Hal ini menjadikan sistem pendidikan yang tadinya melaksanakan pembelajaran secara tatap muka diubah dengan pembelajaran secara daring dengan menggunakn kurikulum darurat covid-19 yang sudah diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada bulan Agustus 2020. Agar pembelajaran tetap berjalan optimal da guru tetap dapat memantau hasil belajar siswa tentunya guru harus memiliki berbagai strategi pembelajaran. Home visit atau kunjungan rumah dapat menjadi salah satu strategi pembelajaran di masa pandemi ini. Dari latar belakang tersebut maka peneliti mengambil rumusan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana penerapan pembelajaran PAI secara home visit pada siswa kelas II SDN Karanganyar di masa Pandemi Covid-19? (2) Bagaimana hasil belajar siswa kelas II SDN Karanganyar pada mata pelajaran PAI sebelum dan sesudah pelaksanaan home visit?. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre-Experimental Design. Populasi yang diteliti adalah seluruh siwa kelas II SDN Karanganyar dengan jumlah siswa 14 anak. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan tes. Teknik yang digunakan untuk menganalisis penelitian ini yaitu dengan analisis kuantitatif deskriptif dan inferensial. Hasil dari penelitian menunjukkan: (1) penerapan pembelajaran home visit terlaksana dengan baik dengan mengunjungi rumah siswa kemudian pemberian pretest sebelum diberikan materi sesuai RPP dan posttest setelah pemberian materi. Dengan skor keterlaksanaan pembelajaran 3,8 yang berarti pembelajaran home visit terlaksana dengan baik. Dengan keaktifan siswa saat pembelajaran 97,3%. (2) Hasil belajar siswa yang menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah pelaksanaan home visit. Dengan hasil nilai rata-rata pretest 65,7 dari skor ideal 100, berada dibawah KKM mata pelajaran PAI yaitu 75. Setelah dilaksanakan pembelajaran siswa diberikan test berupa posttes dengan soal yang sama dengan hasil rata-rata posttest 90. Dengan peningkatan hasil belajar tidak ada yang dibawah 0,3 dengan klasifikasi 50% siswa berada pada kategori peningkatan belajar yang sedang dan 50% tinggi. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa home visit mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas II SDN Karanganyar semester genap tahun ajaran 2020/2021.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | FIKI MUTHOHAROH |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:33 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:33 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/442 |
Actions (login required)
View Item |