Saadah, Alfiyah (2021) Penerapan Metode An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an di TPQ Al-Ma'ruf 2 Gondonglegi Nganjuk. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.
Text
a. Cover.pdf Download (887kB) |
|
Text
c. Lembar Persetujuan Pembimbing.pdf Download (287kB) |
|
Text
f. Abstrak.pdf Download (397kB) |
|
Text
g. Daftar Isi.pdf Download (495kB) |
|
Text
h. Bab 1.pdf Download (848kB) |
|
Text
i. Bab 2.pdf Download (1MB) |
|
Text
j. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text
k. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
l. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (366kB) |
|
Text
m. Daftar Pustaka.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dewasa ini, masih ada generasi muda yang memiliki keterbatasan terhadap ilmu pengetahuan umum ataupun ilmu pengetahuan agama. Seharusnya para generasi muda diberikan cukup ilmu agama dengan memperdalam Al-Qur’an yang merupakan kitab suci umat Islam pedoman bagi umat Islam. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum bias membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Dengan menggunakan metode An-Nahdhiyah diharapkan para penggunanya khususnya santri di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk dapat mempelajari Al-Qur’an dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah tajwid. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penerapan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk? (2) Bagaimana kelebihan dan kekurangan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Dengan jumlah 4 informan. Penelitian ini dilakukan di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk, pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian yaitu: 1) penerapan pembelajaran Al-Qur’an dengan metode An-Nahdhiyah tidak menerapkan sistem ketukan sebagai ciri khas dalam proses pembelajaran metode An-Nahdhiyah. Meskipun begitu, di TPQ ini menerapkan system pembelajaran dengan metode sorogan sebagai metode pembelajrannya. Adapun hasil belajar pembelajaran Al-Qur’an setelah diterapkan metode An-Nahdliyah yaitu terjadi peningkatan bacaan Al-Qur’an santri. 2) Kelebihan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan Membaca Al�Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk yaitu: mudah dipahami oleh anak-anak, semua santri yang belajar lebih cepat tanggap, konsentrasi, dan mudah dikendalikan, juga menyenangkan. melatih hubungan sosial, kerjasama, dan kekompakan. Kekurangan metode An-Nahdliyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an di TPQ Al-Ma’ruf 2 Gondanglegi Nganjuk yaitu: dengan metode ini, terkesan lebih aktif guru dari pada santrinya, tidak semua orang bisa mengajarkan/memakai metode ini didalam metode ini harus memakai waktu yang lama, dan santri tidak bisa berkreasi sendiri dengan cara yang ia suka
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Alfiyatus Saadah |
Date Deposited: | 02 Jan 2023 02:32 |
Last Modified: | 02 Jan 2023 02:32 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
View Item |