Upaya guru Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts An-Nawawiyyah Ringinagung Di Masa Pandemi Covid-19

Azzis, Nasrul (2021) Upaya guru Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mts An-Nawawiyyah Ringinagung Di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate (S1) thesis, Institut Agama Islam Tribakti.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (645kB)
[img] Text
BAB I skripsi.pdf

Download (943kB)
[img] Text
BAB II skripsi.pdf

Download (984kB)
[img] Text
BAB III skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB IV skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (949kB)
[img] Text
BAB V skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (733kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (710kB)

Abstract

Motivasi merupaka faktor yang turut mempengaruhi keberhasilan siswanya, dengan adanya motivasi di dalam dirinya maka akan timbul kegiatan belajar. Siswa dengan motivasi yang besar akan dapat melaksanakan semua kegiatan belajarnya dengan sunguh-sunguh. Dan upaya seorang guru dalam meningkatkan motivasi belajar di masa pandemi covid-19 ini sangatlah besar guna untuk keberhasilan siswanya. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:(1) Bagaimana upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar Siswa MTs An-Nawawiyyah Ringinagung di Masa Pandemi covid-19?(2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam penerapan metode belajar siswa MTs An-Nawawiyyah Ringinagung dimasa pandemi covid-19? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pembahasanya bersifat teoritis dan empirik disertai dengan memberikan analisis sesuai dengan yang ada. Mengunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian di analisis menggunakan diskriptif atau pemaparan data. Hasil penelitian yaitu : 1. upaya guru Pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MTs An-Nawawiyyah Ringinagung yaitu: (1) guru menerapkan pembelajaran tatap muka dengan mengunakan sistem sif (2) menerapka protokol Kesehatan di semua kegiatan sekolah (3) memberikan inspirasi dan motivasi kepada siswanya (4) memberikan pengarahan dan membimbing perilaku siswanya. 2. Apa saja faktor yang mendukung dalam penerapan metode belajar siswa MTs An-Nawawiyyah Ringinagung yaitu: (1) siswa mengikuti kbm dengan baik dan kondusif (2) sarana prasrana yang memadai (3) terjalin Kerjasama yang baik antara guru dengan wali murid dan saling mendukung. 3. Apa saja faktor yang menghambat dalam penerapan metode belajar siswa MTs An-Nawawiyyah Ringinagung yaitu: (1) kurangnya kesadaran siswa dalam menerapkan protokol Kesehatan (2) kedisplinan siswa yang masih kurang terhadap mengikuti proses pembelajaran (3) siswa masih ada rasa kekhawatiran yang berlebih terhadap terkenanya penyebaran virus covid-19 (4) kurangnya waktu untuk memehami materi pelajaran di karenakan pembelajaran mengunakan sistem sif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: NASRUL AZZIS
Date Deposited: 31 Dec 2022 02:45
Last Modified: 31 Dec 2022 02:45
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/418

Actions (login required)

View Item View Item