Wahyudin, Wahyudin (2024) Korelasi antara Pembelajaran,Lingkungan dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Arab Pegon pada Kelas 4 Ibtida'iyyah di Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN BAB I.pdf Download (282kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN BAB II.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN BAB III.pdf Download (252kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN BAB IV .pdf Restricted to Registered users only Download (961kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN BAB V.pdf Download (119kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN COVER.pdf Download (512kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN DAFTAR PUSAKA.pdf Download (203kB) |
![]() |
Text
SKRIPSI WAHYUDIN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK WAHYUDIN (2024) Korelasi Antara Pembelajaran, Lingkungan Dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dengan Arab Pegon Pada Kelas 4 Ibtida’iyah Di Madrasah Diniyah Hm Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan, UIT Lirboyo Kediri, Dosen Pembimbing Wasito M. Pd.I. Kata Kunci: Pembelajaran, Lingkungan dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning. Pembelajaran dan Lingkungan sangat penting bagi siswa dalam kemampuan membaca kitab kuning dengan arab pegon. Dengan kedua sistem tersebut akan lebih meningkatkan lagi kuantitas siswa untuk mempelajari kitab-kitab kuning dengan menggunakan arab pegon sehingga siswa mampu mengaplikasikan antara kitab kuning dengan arab pegon. Hal ini sangat wajar di dalam pondok pesantren yang mana siswa dianjurkan bisa memahami kitab kuning dengan pemaknaannya menggunakan bahasa arab pegon. Dengan demikian kedua sistem tersebut sangat penting dalam mengetahui kemampuan siswa dalam menaungi samudranya ilmu yang sangat luas ini terutama memahami karya-karya ulama dahulu yang dikemas dalam bentuk kitab kuning. Maka dari itu peneliti sangat antusias dalam meneliti penelitian ini dengan judul Korelasi Antara Pembelajaran, Lingkungan dan Kemampuan Membaca Kitab Kuning Dengan Arab Pegon Pada Kelas 4 Ibtida’iyah di Madrasah Diniyah Hm Al Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Apa pengaruh pembelajaran terhadap kemampuan membaca kitab kuning dengan Arab Pegon? (2) Bagaimana pengaruh lingkungan terhadap kemampuan membaca kitab kuning dengan Arab Pegon? (3) Bagaimana korelasi antara pengaruh pembelajaran dan pengaruh lingkungan terhadap kemampuan membaca kitab kuning dengan Arab Pegon? Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jumlah 100 sampel dari 429 siswa Madrasah Diniyah HM Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri yang terdiri darı 16 kelas. Sampel ini diambil menggunakan teknik sampel acak (random sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument (1) Variabel Pembelajaran mendapatkan hasil reliabilitas yaitu 0,371371, (2) Variabel Lingkungan mendapatkan hasil reliabilitas yaitu 0,24247 dan (3) variabel membaca kiab kuning dengan arab pegon mendapatkan hasil reliabilitas 0,487829. Teknik analisis data yang digunakan yaitu regresi linier sederhana melalui IBM SPSS Statistics 26. Hasil penelitian, yaitu: Menyimpulkan korelasi pembelajaran dengan kemampuan membaca kitab kuning dengan arab pegon yaitu 0,563, korelasi lingkungan dengan kemampuan membaca kitab kuning dengan arab pegon yaitu 0,010, dan korelasi pembelajaran dengan lingkungan yaitu 0,797. Dengan demikian korelasi pembelajaran, lingkungan dengan kemampuan membaca kitab kuning dengan arab pegon yaitu 0.000 < 0.05 dengan Pearson Correlation 0.01, dengan hasil ini ada hubungan signifikansi dari semua variabel.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 306 Kultur, ilmu budaya, kebudayaan dan lembaga-lembaga, institusi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Jul 2025 07:43 |
Last Modified: | 25 Jul 2025 07:43 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3171 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |