A.R, Muhammad Alif (2024) "Optimalisasi Pembelajaran Fiqih Santri melalui Implementasi Strategi Diferensiasi” (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
2ampul.pdf Download (108kB) |
![]() |
Text
Abstrak.pdf Download (895kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (295kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (672kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (264kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (376kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (213kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (263kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi strategi diferensiasi dalam pembelajaran fiqih di Pondok Pesantren Darussa'adah Lirboyo, Kediri, dengan tujuan mendeskripsikan dan menganalisis proses perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi strategi tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui analisis dokumen dan wawancara mendalam dengan pimpinan pondok pesantren serta pengajar fiqih untuk memperoleh pemahaman komprehensif tentang fenomena yang diteliti. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran fiqih dilakukan secara komprehensif dan adaptif dengan mengintegrasikan prinsip-prinsip pembelajaran berdiferensiasi, mulai dari analisis kebutuhan dan karakteristik santri, penyusunan tujuan pembelajaran, pemilihan materi dan metode pembelajaran, hingga evaluasi pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran ditandai dengan pengorganisasian kelas berdasarkan kemampuan santri, penggunaan beragam metode pengajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kelompok, serta penekanan pada partisipasi aktif santri dan praktik langsung. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara komprehensif melalui observasi, penilaian formatif berkala, dan penilaian berbasis kemampuan individual. Hasil evaluasi digunakan sebagai dasar untuk merancang program remedial, pengayaan, dan bimbingan khusus yang responsif terhadap kebutuhan individual santri. temuan ini berimplikasi pada pengembangan model pembelajaran diferensiasi dalam konteks pesantren dan dapat menjadi acuan bagi lembaga serupa untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih, serta mendorong peningkatan kompetensi pengajar dan pengembangan instrumen evaluasi yang lebih efektif.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | M.Pd Muhammad Alif Antarikza Muslim |
Date Deposited: | 31 Jul 2025 03:07 |
Last Modified: | 31 Jul 2025 03:07 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3143 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |