Peran Pendidikan Informal terhadap Pembentukan Karakter Individu yang Sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila di Dusun Banjarmelati Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar

QOLFATRIUS, FATIH (2023) Peran Pendidikan Informal terhadap Pembentukan Karakter Individu yang Sesuai dengan Nilai-nilai Pancasila di Dusun Banjarmelati Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
sampul skripsi tius.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (727kB)
[img] Text
BAB I SKRIPSI FATIH QOLFATRIUS_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II SKRIPSI FATIH QOLFATRIUS_watermark.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text
BAB III FATIH QOLFATRIUS_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV SKRIPSI FATIH QOLFATRIUS_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (3MB)
[img] Text
BAB V SKRIPSI FATIH QOLFATRIUS_watermark.pdf - Submitted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (607kB)
[img] Text
LAMPIRAN SKRIPSI TIUS.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan pendidikan karakter yang diciptakan dalam lingkungan Pendidikan Informal khususnya keluarga yang berada di dusun Banjarmelati Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar secara konsisten dan terus menerus menerus mampu membentuk anak memiliki karakter atau akhlak mulia yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Sehingga, dari uraian diatas dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter pada individu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, bagaimana pelaksanaan pendidikan informal, bagaimana peran pendidikan informal terhadap pembentukan karakter individu yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Setiap masalah dalam penelitian ini dipandang sebagai kasus yang bersifat kompleks, setiap spesifikasi masalah dianalisis hingga menjadi sebuah kesimpulan yang bersifat umum. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teori Profil Pelajar Pancasila. Setelah data terkumpul, peneliti kemudian menganalisis data hingga menjadi sebuah pembahasan dan penarikan kesimpulan. Dalam penelitian terdapat lima orang yang berkenan untuk dijadikan subjek penelitian. Penelitian ini menemukan berbagai temuan lapangan seperti perilaku pembiasaan dalam mendidik karakter Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME. dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, dimensi gotong royong, dimensi mandiri, dimensi bernalar kritis, dimensi kreatif, dan dari pembiasaan dimensi karakter tersebut pendidikan yang diterapkan oleh kelima subjek sangat berperan dalam pembentukan karakter individu yang telah diterapkan dalam pembiasaan sehari-hari mereka untuk membentuk karakter yang sesuai dengan nilai-nilai pancasila. Kata Kunci: Pendidikan Informal, Karakter, Nilai-nilai Pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 100 - Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi (ilmu jiwa) > 153 Proses mental dan kecerdasan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Alwi Hasan
Date Deposited: 05 May 2025 03:07
Last Modified: 05 May 2025 03:07
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3053

Actions (login required)

View Item View Item