Dewi, Inayah Intan Permata (2024) Peran Kepala Madrasah untuk Meningkatkan Kinerja Guru dalam Pembelajaran di MI Darussaadah Lirboyo. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
1. COVER.Docx.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
2. ABSTRAK.Docx.pdf - Published Version Download (147kB) |
![]() |
Text
3. BAB I.Docx.pdf - Published Version Download (327kB) |
![]() |
Text
4. BAB II.Docx.pdf - Published Version Download (691kB) |
![]() |
Text
5. BAB III.Docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (232kB) |
![]() |
Text
6. BAB IV.Docx.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (600kB) |
![]() |
Text
7. BAB V.Docx.pdf - Published Version Download (105kB) |
![]() |
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.Docx.pdf - Published Version Download (184kB) |
![]() |
Text
9. LAMPIRAN.Docx.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Peran Kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru menjadi penentu keberhasilan dari tiap proses pembelajaran dan bagian yang sangat mempengaruhi dalam proses serta hasil pembelajaran yang bermutu. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk membimbing, mendorong, mempengaruhi, menunjukkan, serta menggerakkan guru, karyawan, serta pengelola kebutuhan untuk bekerja sama dan ikut serta dalam pencapaian kinerja guru secara maksimal. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut, (1) Bagaimana peran kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di MI Daarussaadah Lirboyo? (2) Bagaimana bentuk peningkatan kinerja guru terhadap pembelajaran di MI Darussaadah Lirboyo? Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang merupakan dengan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Sumber data yang terkumpul menggunakan data primer dan data sekunder. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui peran kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja guru dalam pembelajaran di MI Daarussaadah Lirboyo. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) peran meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan proses belajar-mengajar di madrasah yang dipimpin adalah dengan cara memberi tugas mengajar sesuai dengan latar belakang pendidikannya. (2) guru diikutkan dalam workshop, pelatihan pengembangan guru, dan studi banding antar madrasah dan guru disetiap tahunnya secara rutin. Dengan bentuk kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru, diharapkan dapat menjadi guru yang mempunyai kinerja dan kualitas pembelajaran yang baik. Bentuk kepala madrasah dalam peningkatan kinerja guru di MI Darussa’adah sangat penting untuk menumbuhkan kualitas pada guru dan siswa. Peningkatan dapat dilakukan melalui penekanan pada waktu dan jadwal, menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif, menggunakan metode pengajaran yang efektif, melibatkan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler. Kemudian guru diikutkan dalam workshop, pelatihan pengembangan guru, dan studi banding antar madrasah dan guru disetiap tahunnya secara rutin.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 30 Apr 2025 02:12 |
Last Modified: | 30 Apr 2025 02:12 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/3033 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |