PENGUATAN LITERASI BAHASA BERBASIS TUROTS DI PONDOK PESANTREN AL – ISHLAH

Muhammad, Aniqotulula Abidah (2024) PENGUATAN LITERASI BAHASA BERBASIS TUROTS DI PONDOK PESANTREN AL – ISHLAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
cover_abidah.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (338kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version

Download (461kB)
[img] Text
BAB III_abidah.docx
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (1MB)

Abstract

Pondok Pesantren Al-Ishlah merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kediri sejak berdiri tahun 1954 namun hingga kini masih mempertahankan corak tradisional meskipun berkembangnya zaman mulai merubah corak pondok pesantren pada umumnya. Ketertarikan pada konsistensi pondok pesantren Al-Ishlah dalam mempertahankan turots sebagai basis kegitan literasi bahasa menjadi dasar peneliti untuk memfokuskan penelitian pada bagaimana kegiatan-kegiatan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah, apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan literasi bahasa berbasis turots di pondok pesantren, serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menguatkan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus yakni mengkaji suatu kasus upaya meningkatkan kegiatan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan rangkaian penelitian, kegiatan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah terdiri dari sorogan, bandongan, syawir, bahtsul masail, dan kajian atau diklat fikih. Sedangkan faktor yang dapat menghambat proses kegiatan literasi bahasa berbasis turots, diantaranya; kurikulum yang tidak pakem, manajemen waktu tidak seimbang dan berbenturan, serta berkurangnya minat dan motivasi belajar. Adapun faktor-faktor pendukung berasal dari kegiatan yang mewadahi serta metode yang digunakan pengurus pondok dalam memotivasi dan meningkatkan rasa penasaran para santri dalam belajar. Upaya menguatkan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah dapat dilakukan dengan mengoptimalkan proses pembelajaran, memberikan evaluasi dan dorongan motivasi belajar, memanfaatkan waktu luang dengan forum dan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:43
Last Modified: 07 Aug 2025 02:43
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2994

Actions (login required)

View Item View Item