Muhammad, Aniqotulula Abidah (2024) PENGUATAN LITERASI BAHASA BERBASIS TUROTS DI PONDOK PESANTREN AL – ISHLAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
cover_abidah.pdf - Published Version Download (235kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (172kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (338kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (461kB) |
![]() |
Text
BAB III_abidah.docx Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (365kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstract
Pondok Pesantren Al-Ishlah merupakan salah satu pondok pesantren yang ada di Kediri sejak berdiri tahun 1954 namun hingga kini masih mempertahankan corak tradisional meskipun berkembangnya zaman mulai merubah corak pondok pesantren pada umumnya. Ketertarikan pada konsistensi pondok pesantren Al-Ishlah dalam mempertahankan turots sebagai basis kegitan literasi bahasa menjadi dasar peneliti untuk memfokuskan penelitian pada bagaimana kegiatan-kegiatan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah, apa saja faktor-faktor pendukung dan penghambat kegiatan literasi bahasa berbasis turots di pondok pesantren, serta bagaimana upaya yang dapat dilakukan untuk menguatkan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Dalam hal ini, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis metode studi kasus yakni mengkaji suatu kasus upaya meningkatkan kegiatan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah. Dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan rangkaian penelitian, kegiatan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah terdiri dari sorogan, bandongan, syawir, bahtsul masail, dan kajian atau diklat fikih. Sedangkan faktor yang dapat menghambat proses kegiatan literasi bahasa berbasis turots, diantaranya; kurikulum yang tidak pakem, manajemen waktu tidak seimbang dan berbenturan, serta berkurangnya minat dan motivasi belajar. Adapun faktor-faktor pendukung berasal dari kegiatan yang mewadahi serta metode yang digunakan pengurus pondok dalam memotivasi dan meningkatkan rasa penasaran para santri dalam belajar. Upaya menguatkan literasi bahasa berbasis turots di Pondok Pesantren Al-Ishlah dapat dilakukan dengan mengoptimalkan proses pembelajaran, memberikan evaluasi dan dorongan motivasi belajar, memanfaatkan waktu luang dengan forum dan
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:43 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:43 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |