PERGESERAN PARAGDIMA KONSERVATIF MENUJU PARADIGMA INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR'AN AL MA'RUF JURANGULUH MOJO KEDIRI

Irgi, Ahmad Vahrezi (2024) PERGESERAN PARAGDIMA KONSERVATIF MENUJU PARADIGMA INTEGRATIF DI PONDOK PESANTREN TAHFIDZIL QUR'AN AL MA'RUF JURANGULUH MOJO KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (479kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (788kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (839kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (580kB)

Abstract

Sistem pendidikan pesantren tidak bisa terlepas dari paradigma atau world view pesantren itu sendiri. Paradigma sendiri merupakan sebuah gambaran dasar ilmu yang berfungsi sebagai kaidah untuk menginterpretasi sebuah persoalan. Sebetulnya, topik tentang paradigma pesantren sudah lama dibicarakan para ahli. Oleh karena itu, penelitian ini memaparkan pergeseran paradigma pesantren, letak anomali paradigma lama yang menyebabkan fase krisis sehingga perlu melakukan pergeseran paradigma dan implikasi pergeseran paradigma terhadap pola pendidikan pesantren. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data pada penelitian menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode wawancara mendalam. Analisis data yang dilakukan meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan konklusi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah Pertama,orientasi Pondok Pesantren Tahfidzil Qur'an Al Ma'ruf yang fokus pada pembelajaran al-Qur'an mencerminkan paradigma pendidikan Islam konservatif, yang berorientasi pada keselamatan akhirat dan mencari ridla Allah. Disiplin ilmu yang diajarkan adalah ilmu agama, termasuk al-Qur'an, ilmu tajwid, fikih, nahwu, dan tafsir. Kedua, Fase krisis di PPTQ Al Ma'ruf Juranguluh terbagi menjadi tiga yakni, tuntutan zaman, legalitas formal negara, dan pola belajar konvensional yang cenderung monoton. Ketiga, pengasuh menggunakan paradigma integratif dalam memandang ilmu pengetahuan agama, pengetahuan umum, dan teknologi harus sesuai dengan realitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 14 May 2025 03:14
Last Modified: 14 May 2025 03:14
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2942

Actions (login required)

View Item View Item