Al HAKIMI, MUHAMMAD FAHMI (2024) Strategi Guru PAI terhadap Pembentukan Karakter Religius Siswa dalam Pembelajaran PAI di SMAN 3 Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
fahmi cover.pdf Download (955kB) |
![]() |
Text
fahmi 1.pdf Download (345kB) |
![]() |
Text
fahmi 2.pdf Download (493kB) |
![]() |
Text
fahmi 3.pdf Download (248kB) |
![]() |
Text
fahmi 4.pdf Restricted to Registered users only Download (450kB) |
![]() |
Text
fahmi 5.pdf Download (147kB) |
![]() |
Text
fahmi dapus.pdf Download (290kB) |
Abstract
Pendidikan agama Islam saat ini telah menghadapi berbagai tantangan era globalisasi. Perkembangan teknologi semakin merajalela dan menimbulkan sisi positif maupun sisi negatif, lebih-lebih pada kalangan muda-mudi yang masih mencari jati diri. Permasalahan kemerosotan moral akhir-akhir ini tengah mencekam sebagian generasi muda, misalnya hilang etika, sopan santun, malas, bermain-main ataupun pergaulan bebas. Pendidikan karakter sangat penting dalam kehidupan ini, maka dalam pelaksanaan dan pengamalannya diperlukan adanya strategi dari guru untuk membentuk karakter religius demi mengurangi tantangan pendidikan agama. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 3 Kediri? (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 3 Kediri? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan metode pengumpulan data, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis data penulis menggunakan analisis deskriptif yang bertujuan untuk menjelaskan karakteristik dan aspek yang relevan dengan fenomena yang diamati. Hasil penelitian, yaitu: (1) Strategi guru PAI dalam membentuk karakter religius siswa ialah Doa bersama pagi dan sore hari, membaca Asmaul husna dan surat-surat tertentu, shalat shuhur, shalat Jum'at, hataman Al-Qur'an, Istighotsah, peringatan hari besar islam PHBI, Isra Mi'raj, Maulid Nabi, Penyembelihan hewan qurban, Pondok Ramadhan, Pembagian Zakat Fitrah, Budaya senyum, sapa, salam, membiasakan berjabat tangan, peduli terhadap sesama dengan melakukan santunan, membentuk karakter dan perilaku siswa dengan cara menegur (menasihati), dan memberikan keteladanan kepada siswa. (2) Faktor pendukung dan penghambat dari strategi guru dalam pembentukan karakter religius lebih dominan faktor pendukung yaitu adanya kerjasama antara guru PAI dengan guru lainya, adanya dukungan dari orang tua siswa, fasilitas sekolah, dan kesadaran siswa. Sementara faktor penghambatnya yaitu guru yang lalai terhadap siswa, kurang lengkapnya sarana pra sarana, kurangnya dukungan orang tua (wali siswa).
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 14 May 2025 03:16 |
Last Modified: | 14 May 2025 03:16 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2939 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |