Peran ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman Santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri

Isnaini, St (2024) Peran ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman Santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.

[img] Text
COVER.pdf

Download (624kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (699kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (667kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (631kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (569kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Peran Ujian Baca Kitab sebagai Evaluasi Kitab kuning menjadi salah satu sistem nilai dalam kehidupan pesantren. Karena itu, pembelajaran dan pengkajian kitab kuning menjadi nomor satu dan merupakan ciri khas pondok pesantren. Kitab kuning menjadi sesuatu yang substansial sebagai rujukan. Untuk mencapai tujuan pendidikan di pondok pesantren yaitu mencetak peserta didik (santri) yang memiliki kedalaman ilmu agama Islam dan berakhlak mulia. ada beberapa komponen yang harus diperhatikan yaitu kurikulum, pembelajaran dan evaluasi. Pertama kurikulum artinya apa yang diharapkan akan dicapai, kedua pembelajaran artinya bagaimana mencapainya, ketiga evaluasi artinya apa yang sudah dicapai. Ketiga komponen ini harus selalu ada untuk mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri? (2) Bagaimana system ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri? (3) Bagaimana implikasi santri setelah mengikuti ujian baca kitab di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at? Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui pelaksanaan ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri (2) untuk mengetahui system ujian baca kitab sebagai evaluasi pemahaman santri terhadap kitab kuning di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at Lirboyo Kota Kediri. (3) untuk mengetahui perubahan atau dampak santri setelah mengikuti ujian baca kitab di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at. Hasil penelitian, yaitu: ujian baca kitab di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-at dilaksanakan menjadi dua gelombang. Gelombang pertama Tingkat Ibtidaiyyah dan Tsanawiyah, gelombang kedua Tingkat Aliyah, kontruksi system penyajian kitab kuning dengan klasikal sesuai dengan Tingkat kelas yaitu Ibtidaiyyah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Implikasi yang terjadi terhadap siswi setelah mengikuti ujian baca kitab adalah bisa melatih mental siswi, memupuk rasa percaya diri, melatih keberanian, dan bisa menerapkan gramatika arab (nahwu dan shorof) saat membaca kitab kosongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Lulusan 2024-UIT
Date Deposited: 07 Aug 2025 02:34
Last Modified: 07 Aug 2025 02:34
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2921

Actions (login required)

View Item View Item