Rohmatus Sa'diyah, Laili (2024) Peran ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib melalui metode Muthola’ah pada Siswi Kelas III Aliyah Madrasah Hidayatul Mubtadi-Aat Fittahfizhi Wal Qiro-Aat Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (232kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (485kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (680kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (615kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (563kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (665kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (494kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (513kB) |
![]() |
Text
lampiran.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ustadzah berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar dan bertindak sebagai fasilitator yang berupaya menciptakan kondisi pembelajaran yang efektif. Hal ini memungkinkan proses belajar mengajar berjalan optimal, bahan pelajaran dapat dikembangkan dengan baik, serta meningkatkan kemampuan siswa dalam menyimak pelajaran dan menguasai tujuan pendidikan yang harus dicapai. Seorang siswi dikatakan mampu membaca kitab Fathul Qorib apabila memenuhi indikator seperti akurasi bacaan, kemampuan mengartikulasikan teks matan, serta pemahaman terhadap materi teks kompleks yang dibaca. Siswi dituntut untuk membaca teks Arab dari kitab tersebut dengan benar, menerjemahkan, dan memahami isi kandungannya. Metode muthala'ah merupakan cara membaca atau mengkaji materi secara berulang-ulang dan kontinu (istiqomah). Ketika seorang siswi menggunakan metode ini untuk mengkaji pelajaran, ia dituntut untuk menekuni satu bidang secara mendalam agar tercapai pemahaman yang menyatu dalam diri. Dari uraian di atas, dapat dirumuskan dua fokus penelitian: (1) bagaimana peran ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib melalui metode muthala’ah pada siswi kelas III Aliyah? dan (2) bagaimana hasil dari peran ustadzah dalam meningkatkan kemampuan tersebut? Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui peran ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib; dan (2) mengetahui hasil dari peran ustadzah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang lebih menekankan pada kata-kata deskriptif daripada angka. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peran ustadzah dalam meningkatkan kemampuan membaca kitab Fathul Qorib mencakup pengajaran materi, memberi contoh bacaan yang baik, mendengarkan bacaan siswi, memantau perkembangan, serta memberikan motivasi agar siswi semangat dalam melakukan muthala’ah; dan (2) hasil dari peran tersebut tampak pada meningkatnya semangat belajar siswi, penggunaan waktu yang lebih efektif, pemahaman mendalam terhadap kitab kosongan serta ilmu dasar nahwu shorof, kemampuan menyimpulkan dengan bahasa sendiri, serta tumbuhnya rasa percaya diri dalam menyampaikan pendapat di depan umum atau teman sebaya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Lulusan 2024-UIT |
Date Deposited: | 07 Aug 2025 02:36 |
Last Modified: | 07 Aug 2025 02:36 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2918 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |