Penerapan metode tanya jawab terhadap hasil belajar Santri melalui pembelajaran sejarah islam di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhil Wal Qiro-aat Lirboyo Kota Kediri

Mukaromah, Nurul Hidayatul (2024) Penerapan metode tanya jawab terhadap hasil belajar Santri melalui pembelajaran sejarah islam di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhil Wal Qiro-aat Lirboyo Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Institut Pendidikan Agama Islam Tribakti.

[img] Text
COVER,w.pdf

Download (792kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB I.1.pdf

Download (606kB)
[img] Text
BAB II,w.pdf

Download (719kB)
[img] Text
BAB III,w.pdf

Download (524kB)
[img] Text
BAB IV,w.pdf
Restricted to Registered users only

Download (582kB)
[img] Text
BAB V,5.pdf

Download (491kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA, w.pdf

Download (482kB)

Abstract

Minimnya respons santri saat proses pembelajaran menyebabkan mereka mudah jenuh dan cepat merasa bosan. Hal ini berdampak pada kurangnya fokus santri dan hasil belajar yang kurang memuaskan. Sebagai pengajar, penting untuk memilih metode dan pendekatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan semangat belajar, rasa tanggung jawab, serta meningkatkan hasil belajar. Di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-aat Lirboyo Kediri, metode yang digunakan mayoritas berupa ceramah, musyawarah, sorogan, dan sesekali metode tanya jawab. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Mengetahui penerapan metode tanya jawab, (b) Mengetahui evaluasi pembelajaran di Madrasah Hidayatul Mubtadi-aat Fittahfizhi Wal Qiro-aat Lirboyo Kota Kediri, dan (c) Mengetahui hasil belajar santri pada mata pelajaran Sejarah Islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, dengan sumber data dari mustahiqqoh, munawwibah, dan santri. Analisis data menggunakan kriteria kredibilitas (derajat kepercayaan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Metode tanya jawab diterapkan sebelum dan selama proses belajar mengajar. Selama 30 menit pertama dilakukan kegiatan roisan atau musyawarah sebelum kelas dimulai. (2) Evaluasi pembelajaran dilakukan empat kali dalam setahun, yakni pada kwartal I dan III untuk evaluasi harian (tamrin), serta kwartal II dan IV untuk persiapan ujian semester. (3) Hasil belajar santri pada mata pelajaran Sejarah Islam menunjukkan bahwa dari 41 siswi, sekitar 70% telah menunjukkan hasil belajar yang baik berdasarkan kemampuan menjawab pertanyaan spontan dan evaluasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 200 Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 02 Aug 2025 04:25
Last Modified: 02 Aug 2025 04:25
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2893

Actions (login required)

View Item View Item