Implementasi Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Hang Tuah Kota Kediri

Farohi, Ahmad (2023) Implementasi Nilai Toleransi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMK Hang Tuah Kota Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (39kB)
[img] Text
ABSTRAK (1).pdf

Download (986kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf

Download (28kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II KAJIAN PUSTAKA (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Kesimpulan (1).pdf

Download (989kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN DOKUMENTASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Di era zaman sekarang ini, sangat banyak siswa yang kurang memiliki toleransi, baik di sekolah maupun diluar sekolah, dengan berperilaku kurang menghargai terhadap perbedaan untuk saling menghargai satu pribadi dengan saling menghargai dan menghormati perbedaan agama dan tidak mengganggu siswa yang berlainan agama untuk melaksanakan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinannya. Faktor pendukung yang ada di sekolah diantaranya oleh Pendidikan khusus kemaritiman, kurikulum dan berpegang teguh Pancasila dan UUD 45. Bukan hanya itu dari pembelajaran juga guru selalu mendorong siswa untuk senantiasa bersikap hormat, menghargai, toleran. Faktor penghambat pemebelajaran Pendidikan agama Islam perihal metode yang sering kali menjadi kendala tapi bukan hanya itu saja dari segi siswa juga yang kurangnya sadar terhadap eksistensinya dalam menghargai juniornya, hal ini dapat terjadi diskriminatif pada lingkungan sekolah. Adapun fokus masalah yang diambil peneliti dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi nilai toleransi dalam pembelajaran pada pendidikan agama Islam di SMK Hang Tuah Kota Kediri? (2) Bagaimana factor pendukung dan penghambat nilai toleransi pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Hang Tuah Kota Kediri? Metode penelitian yg digunakan adalah penelitian deskriftif (descriptive reseach), yaitu penelitian yang dilakukan untuk menggambarkan atau menjelaskan secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta dan sifat populasi tertentu. Dengan menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data juga dilakukan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran Pendidikan agama Islam dapat menjadi sarana efektif untuk mengembangkan nilai toleransi dalam diri siswa. pembelajaran Pendidikan agama Islam melibatkan pengguna metode atau cara yang mendukung terhadap nilai toleransi, seperti dialog, diskusi kelompok, serta penggunaan materi ajar yang menggambarkan nilai toleransi dalam beragama. Faktor pendukung penghambat yang mana faktor ini menjadi tujuan dari nilai toleransi, faktor pendukung diantaranya kepala sekolah dan kegiatan diluar kelas begitupun sebaliknya dari faktor penghambat terdapat dari ekternal di luar lingkungan sekolah ataupun di dalam lingkungan sekolah yang berkaitan dengan pelaksanaan saat pembelajaran berlangsung yang saling mendukung

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 02 Aug 2025 04:23
Last Modified: 02 Aug 2025 04:23
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2890

Actions (login required)

View Item View Item