Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menghafal Kitab Aqidatul Awam melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri

Saidah, Evi Nurus (2024) Upaya Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Menghafal Kitab Aqidatul Awam melalui Metode Bernyanyi di Madrasah Diniyah Pondok Pesantren Darussa’adah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER EVI.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
skripsi evi bab 1_watermark.pdf - Published Version

Download (873kB)
[img] Text
skripsi evi bab 2_watermark.pdf - Published Version

Download (917kB)
[img] Text
skripsi evi- bab 3_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
skripsi evi- bab 4_watermark.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
skripsi evi- bab 5_watermark.pdf - Published Version

Download (2MB)

Abstract

Meningkatkan kemampuan hafalan peserta didik dalam menghafal kitab aqidatul awam dinilai sangat sulit apabila tanpa menggunakan suatu metode pendukung. Metode pembelajaran sangat berdampak dalam kefaham serta kemampuan peserta didik. Pendidik di tuntut untuk memilih metode yang cocok dan sesuai agar kemampuan peserta didik dapat meningkat secara signifikan. Beberapa contoh yang kerap muncul adalah, kurangnya fokus peserta didik selama pembelajaran berlangsung, kurangnya motivasi belajar hingga munculnya peserta didik yang tidur selama proses pembelajaran atau peserta didik mengobrol dengan teman sebangku tanpa memperhatikan materi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil serta penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal kitab aqidatul awam. Metode bernyanyi dinilai sangat penting sebagai salah satu cara dasar atau filter untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang lebih tinggi. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Mengecek keabsahan data menggunakan trianggulasi yaitu membandingkan data yang didapati dengan sumber yang ada. Pengelolaan data diambil dari ketika peneliti di lapangan dan setelah dikumpulkan data dari lapangan. Berdasarkan konteks penelitian di atas, dapat diambil rumusan masalah sebagai berikut (1) Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal Kitab Aqidatul Awam (2) Kendala-kendala yang di dapat selama proses penerapan metode bernyanyi. Hasil penelitian ini dapat peneliti simpulkan yaitu penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal kitab aqidatul awam, anatara lain melalui proses pembelajaran, pembiasaan serta pemotivasian. Adapun kendala yang di dapat selama proses penerapan tersebut yaitu adanya latar belakang siswa yang berbeda, kesehatan fisik yang berbeda dan pergaulan yang berbeda. Cara meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal kitab aqidatul awam yaitu dari peserta didik itu sendiri, komitmen dengan meningkatkan kemampuan peserta didik dan adanya pendidik, fasilitas, sarana dan prasarana yang memadai sebagai penunjang kegiatan upaya meningkatkan kemampuan peserta didik menghafal kitab aqidatul awam melalui metode bernyanyi di Madrasah Diniyah Darussa’adah Lirboyo Kediri.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan menengah; sekolah tingkat lanjutan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 27 May 2025 02:42
Last Modified: 27 May 2025 02:42
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2872

Actions (login required)

View Item View Item