Fauzi, Ahmad (2024) Integrasi Sistem Pendidikan Salafi dan Khalafi di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
COVER DLL.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf - Published Version Download (550kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (778kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf - Published Version Download (710kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (669kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (562kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (554kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf - Submitted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peran penting dalam membentuk generasi muda dan kemajuan bangsa. Dengan perkembangan zaman, generasi muda dituntut untuk mampu menguasai berbagai bidang ilmu, entah itu dari segi ilmu spiritual (keagamaan), maupun ilmu-ilmu yang berbau teknologi (duniawi), tujuan nya tak lain Dan tak bukan untuk menyiapkan gempuran era globalisasi yang semakin canggih. Oleh karena itu, diperlukan integrasi pendidikan yang menghubungkan kedua bidang ilmu tersebut untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Dari uraian diatas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana sistem pendidikan Salafi dan khalafi Di Pondok Pesantren AL-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana integrasi sistem pendidikan Salafi Dan Khalafi di Pondok Pesantren AL-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? (3) Apa saja Faktor-faktor penunjang dan penghambat integrasi sistem pendidikan Salafi dan khalafi Di Pondok Pesantren AL-Mahrusiyah Lirboyo Kediri? Penelitian ini membahas tentang integrasi sistem pendidikan Salafi dan Khalafi dengan tujuan mengeksplorasi manfaat integrasi kedua sistem untuk menciptakan model pendidikan Islam yang komprehensif dan relevan. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan studi kasus pada lembaga pendidikan yang menerapkan integrasi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah (1) Sistem pendidikan salafi di pondok pesantren Al-Mahrusiyah berfokus pada pembelajaran kitab klasik dengan metode tradisional, sedangkan pendidikan khalafi di pondok pesantren Al-Mahrusiyah menggunakan kurikulum merdeka berbasis pesantren dengan metode modern. Evaluasi pendidikan salafi dilakukan dengan cara ujian pondok yang dilakukan sebanyak dua kali dalam setahun, sementara pendidikan khalafi menggunakan ujian tertulis dan penilaian formatif serta sumatif. (2) Integrasi sistem pendidikan Salafi dan Khalafi di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri menunjukkan kerjasama yang erat antara berbagai aspek Pendidikan. Hal tersebut bisa dilihat dari kerjasama dalam segi (a) aturan, (b) kegiatan, (c) tenaga pengajar, (d) evaluasi. Dan (e) sarana dan prasarana. (3) Faktor penghambat dan penunjang dalam mengintegrasikan pendidikan Salafi dan Khalafi di Pondok Pesantren Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Faktor yang menunjang ialah (a) sebagai fasilitas tempat pendidikan dan (b) kebutuhan zaman. Sedangkan faktor penghambat atau tantangan adalah (a) jadwal terlalu padat, (b) kesulitan siswa dalam IT, (c) kurangnya keterlibatan guru, dan (d) tradisi adat perlu diatasi untuk mencapai efektivitas pendidikan yang optimal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Moh Fadli fadli |
Date Deposited: | 28 May 2025 03:06 |
Last Modified: | 28 May 2025 03:06 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |