Rahmawati, Ziara Sufi (2024) Implementasi Program Sekolah Ramah Anak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 7 Nganjuk. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti.
![]() |
Text
220900093_PRABAB.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
220900093_BAB-1.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
220900093_BAB-2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
220900093_BAB-3.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
220900093_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
220900093_BAB-5.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
220900093_BAB-6.pdf Download (1MB) |
Abstract
Sepanjang tahun 2023 yaitu dari Januari sampai Juni 2023, dirujuk dari data KPAI menunjukkan terdapat 1.600-an aduan kekerasan pada anak, dengan sebanyak 400-an kasus merupakan kasus seksual terhadap anak. Faktanya, cukup banyak dari kasus kekerasan tersebut dilakukan oleh oknum guru. Motifnya, menjadikan hukuman yang dibungkus tindak kekerasan sebagai metode pendisiplinan pada siswa. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Indonesia berperan penting dalam menindaklanjuti permasalahan kekerasan yang terjadi pada anak. Pemerintah kemudian mengeluarkan kebijakan Sekolah Ramah Anak yaitu Permen Nomor 08 Tahun 2014 tentang Kebijakan Sekolah Ramah Anak yang rencananya akan segera diperkuat dengan Peraturan Presiden (Perpres). Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian berikut: (1) Bagaimana perencanaan MIN 7 Nganjuk untuk menuju program Sekolah Ramah Anak ? (2) Bagaimana pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak di MIN 7 Nganjuk ? (3) Bagaimana evaluasi pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak di MIN 7 Nganjuk ? Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian, yaitu: (1) perencanaan MIN 7 Nganjuk untuk menuju ke Sekolah Ramah Anak tidak membutuhkan banyak waktu, karena jauh sebelumnya aturan dan pembiasaannya sudah mengacu pada program Sekolah Ramah Anak, jadi tidak merasa kesulitan (2) pelaksanaan Sekolah Ramah Anak di MIN 7 Nganjuk sudah berada pada tahap MAJU dan menuju ke MAMPU apabila ditinjau dari komponen-komponen yang terpenuhi (3) evaluasi pelaksanaan program Sekolah Ramah Anak di MIN 7 Nganjuk tidak terlaksana secara khusus dan rutin, akan tetapi dibahas bersamaan dengan rapat rutin sekali dalam satu bulan.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Ziara Sufi Rahmawati |
Date Deposited: | 23 Aug 2025 05:01 |
Last Modified: | 23 Aug 2025 05:01 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |