ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PILPRES 2024 DI MEDIA ONLINE RADAR KEDIRI DITINJAU DARI TLATAH KEBUDAYAAN MATARAMAN

RADESA, RADESA (2024) ANALISIS WACANA KRITIS BERITA PILPRES 2024 DI MEDIA ONLINE RADAR KEDIRI DITINJAU DARI TLATAH KEBUDAYAAN MATARAMAN. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (900kB)

Abstract

Dalam pemilihan presiden dan wakil presiden 2024, terdapat tiga pasangan capres dan cawapres menjadi kandidat dalam pemilihan umum yaitu pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Prabowo Subianto-Gibran Rakabumung Raka dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Penelitian ini menganalisis berita dari salah satu pasangan capres dan cawapres yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang disajikan oleh media online www.radarkediri.jawapos.com dengan menggunakan analisis wacana kritis model Norman Fairlough yang mana berita tersebut dikaitkan dengan akar budaya Jawa Timur. Dari uraian di atas, maka dapat difokuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana analisis wacana kritis berita pilpres 2024 di media online radar kediri ditinjau dari tlatah kebudayaan Jawa Timur? (2) Bagaimana peta politik yang terbentuk dari perkembangan kondisi sosial masyarakat yang ada di Jawa Timur dalam menghadapi pilpres 2024? Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Obyek penelitian ini adalah seluruh berita kampanye Ganjar Pranowo-Mahfud Md sebanyak 22 berita. Hasil penelitian ini bahwa media online radar kediri mengindentifikasikan bentuk keperpihakan terhadap pasangan calon presiden dan calon wakil presiden yaitu Ganjar Pranowo-Mahfud Md, mengingat bahwa pasangan paslonn tersebut di usung oleh PDI Perjuangan yang memiliki akar sejarah budaya yang kuat di Jawa Timur terutama di wilayah mataraman.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 300 Ilmu sosial > 304 Faktor yang mempengaruhi perilaku sosial
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 07:22
Last Modified: 28 May 2025 07:22
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2833

Actions (login required)

View Item View Item