PENDIDIKAN KARAKTER BERSAHABAT (KOMUNIKATIF) DAN CINTA DAMAI PERSPEKTIF SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR DALAM KITAB WAṢŌYĀ AL-ĀBĀ’I LIL ABNĀ’I DAN RELEVENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR

Fadlilatur Rohmah, Nuri (2024) PENDIDIKAN KARAKTER BERSAHABAT (KOMUNIKATIF) DAN CINTA DAMAI PERSPEKTIF SYEIKH MUHAMMAD SYAKIR DALAM KITAB WAṢŌYĀ AL-ĀBĀ’I LIL ABNĀ’I DAN RELEVENSINYA TERHADAP PENDIDIKAN DASAR. Undergraduate (S1) thesis, UNIVERSITAS ISLAM TRIBAKTI LIRBOYO KEDIRI.

[img] Text
Cover dkk.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (319kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (221kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)

Abstract

Kerusakan moral pelajar dan mahasiswa sedang marak terjadi, perilaku menyimpang, etika, moral, dan hukum dari yang ringan sampai yang berat seringkali mereka perlihatkan Salah satu contohnya pada saat ini sering kita jumpai tindak kekerasan (bulliying). Perilaku negative ini menunjukkan kerapuhan karakter di lembaga pendidikan di samping karena kondisi lingkungan yang tidak mendukung. Oleh karena itu, sebuah perbincangan dan kajian tentang solusi dekadensi moral ini semakin banyak dibahas. Salah satunya penulis menawarkan sebuah pendidikan karakater persahabatan/ komunikatif dan cinta damai dari Syaikh Muhammad Syakir yang kemudian direlevensikan dengan pendidikan dasar. Dari uraian diatas maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana pendidikan karakter/ komunikatif dan cinta damai perspektif Muhammad Syakir dalam Kitab Waṣōyā Al-Ābā’i Lil Abnā’i? (2) Bagaimana relevensinya terhadap pendidikan dasar? Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kepustakaan (library research) yang bersifat kualitatif. Pendekatan penelitian menggunakan teknik hermeneutika. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang bersifat deskriptif. Dan analisis data dilakukan secara induktif bertujuan untuk menemukan materi pendidikan karakter bersahabat/komunikatif dan cinta damai yang terkandung didalam kitab Waṣōyā Al-Ābā’i Lil Abnā’i, sehingga dapat merelevensikan dengan pendidikan dasar. Hasil penelitian, yaitu: (1) Materi tentang pendidikan karakter bersahabat/komunikatif dan cinta damai dalam kitab Waṣōyā Al-Ābā’i Lil Abnā’i karya Syaih Muhammad Syakir yaitu a. komunikasi terhadap teman b. komunikasi dalam pembelajaran dan diskusi c. komunikasi dalam pertemuan/ majlis d. adab bergaul dengan yang mempunyai harga diri, mulia/ iffah dan sempurna akhlaknya, tidak bergaul dengan orang yang bodoh, menjauhi majlis ghibah, tidak bergaul dengan orang yang fasik, tidak bergaul dengan orang yang munafik. (2) Adanya relevansi antara nilai pendidikan karakter bersahabat/ komunikatif dan cinta damai yang terdapat dalam kitab Waṣōyā Al-Ābā’i Lil-Abnā’i dengan pendidikan karakter pada pendidikan dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 205 Etika keagamaan, etika agama
300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 372 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 19 Aug 2025 02:31
Last Modified: 19 Aug 2025 02:31
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2709

Actions (login required)

View Item View Item