Fadli, Moh (2024) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SHALAT KITAB FATH AL- MU’IN DI PONDOK PESANTREN HAJI YA’QUB LIRBOYO. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Agama Islam Tribakti.
![]() |
Text
cover dkk.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
abstrak.pdf Download (192kB) |
![]() |
Text
bab 1.pdf Download (176kB) |
![]() |
Text
bab 2.pdf Download (298kB) |
![]() |
Text
bab 3.pdf Download (301kB) |
![]() |
Text
bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
![]() |
Text
bab 5.pdf Download (195kB) |
![]() |
Text
daftar pustaka.pdf Download (199kB) |
Abstract
Pendidikan modern sangat mempengaruhi kualitas hidup suatu bangsa dengan mengembangkan pengetahuan dan kemanusiaan. Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam, fokus pada pengetahuan agama dan moralitas, namun metode tradisionalnya sering kali dianggap kurang efektif dalam konteks dunia yang terus berubah. Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) diusulkan untuk meningkatkan pemahaman santri mengenai salat dari Kitab Fath Al-Mu'in dengan pendekatan interaktif dan aplikasi praktis. PBL bertujuan untuk mendorong pemikiran kritis dan pengembangan akhlak serta ketaqwaan, memperbaiki pemahaman dan implementasi salat dalam kehidupan nyata. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitiannya sebagai berikut apakah terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran problem based leaening dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep sholat pada kitab Fath Al-mu’in di kalangan santri. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif berupa eksperimen, di mana kelas 2 Tsn A MDHY dijadikan sebagai kelas eksperimen yang menerapkan PBL, sementara kelas 2 Tsn B MDHY sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pemahaman konsep setelah perlakuan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penerapan PBL tidak secara signifikan meningkatkan kemampuan pemahaman konsep shalat dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional, namun dalam rata-ratanya terdadi perbedaan walaupun tidak secara signifikan. Peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan PBL menunjukkan peningkatan yang lebih besar dalam pemahaman tentang tata cara shalat, rukun-rukunnya, bacaan-bacaan yang tepat, serta prinsip-prinsip yang harus diikuti sesuai dengan ajaran dalam Kitab Fath Al-Mu'in. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Problem Based Learning (PBL), Pengaruh Penerapan, Pemahaman Konsep Sholat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Moh Fadli fadli |
Date Deposited: | 27 May 2025 04:02 |
Last Modified: | 27 May 2025 04:02 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2694 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |