Wahida, Adisma Nur (2024) PERANAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR KEAGAMAAN SISWA DI MI MIFTAHUS SYIBYAN GAMPENGREJO. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
202601889_PRABAB.pdf Download (308kB) |
![]() |
Text
202601889_BAB-1.pdf Download (233kB) |
![]() |
Text
202601889_BAB-2.pdf Download (189kB) |
![]() |
Text
202601889_BAB-3.pdf Download (158kB) |
![]() |
Text
202601889_BAB-4.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
Text
202601889_BAB-5.pdf Download (151kB) |
Abstract
Pendidikan Islam adalah suatu proses usaha yang dapat menumbuhkembangkan fitrah manusia sejalan dengan ajaran serta nilai yang terkandung dalam Islam itu sendiri. Maka diperlukan sebuah landasan sebagai pijakan dalam usaha pendidikan Islam, sebab dengan adanya dasar ini berfungsi sebagai pedoman langkah yang menentukan tujuan dari pendidikan Islam itu sendiri. Lingkungan keluarga dikatakan sebagai lingkungan yang paling utama karena sebagian besar kehidupan anak berada di dalam keluarga, sehingga pendidikan yang paling banyak diterima anak adalah dalam lingkungan keluarga. Keluarga merupakan tempat anak belajar dan membentuk dirinya dalam konteks sosial. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI? (2) Apa saja faktor pendukung dan faktor penghambat orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI? Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi peran khusus yang dimainkan oleh orang tua dalam memengaruhi motivasi belajar anak-anak mereka di MI, yang meliputi cara orang tua memberikan dukungan emosional, dukungan akademik, serta pengawasan terhadap pembelajaran anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dukungan emosional yang diberikan orang tua, seperti apresiasi dan pengakuan atas prestasi anak, memiliki dampak penting terhadap motivasi belajar, (2) pengawasan orang tua terhadap kegiatan belajar anak-anak mereka menjadi faktor penunjang keberhasilan, dan (3) cara orang tua berkomunikasi dengan anak serta harapan mereka terhadap pencapaian akademik berpotensi memengaruhi motivasi belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah & Keguruan > Pendidikan Guru MI (PGMI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 25 Aug 2025 03:52 |
Last Modified: | 25 Aug 2025 03:52 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2685 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |