IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP KITAB FATH AL-QARIB DI PONDOK PESANTREN DARUTTAIBIN TULUNGAGUNG

Nurjanah, Syahra Tri (2024) IMPLEMENTASI METODE DEMONSTRASI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP KITAB FATH AL-QARIB DI PONDOK PESANTREN DARUTTAIBIN TULUNGAGUNG. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER THESIS SYAHRA.pdf

Download (397kB)
[img] Text
THESIS BAB 1.pdf

Download (120kB)
[img] Text
THESIS BAB 2.pdf

Download (269kB)
[img] Text
THESIS BAB 3.pdf

Download (168kB)
[img] Text
THESIS BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
THESIS BAB 5.pdf

Download (176kB)
[img] Text
THESIS BAB 6.pdf

Download (24kB)
[img] Text
THESIS Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi implementasi metode demonstrasi dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap kitab Fath Al-Qarib di Pondok Pesantren Daruttaibin Tulungagung. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan ustadzahah pengajar fiqih, observasi langsung proses pembelajaran, dan dokumentasi yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode demonstrasi dilakukan melalui tiga tahapan: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, ustadzahah mempersiapkan materi dengan memadukan penjelasan teoritis dan praktik. Tahap pelaksanaan melibatkan demonstrasi detail praktik ibadah oleh ustadzahah yang kemudian diikuti oleh santri. Evaluasi dilakukan melalui observasi langsung saat praktik dan ujian tertulis. Metode ini terbukti meningkatkan pemahaman santri hingga 75% dibandingkan metode konvensional. Meskipun menghadapi tantangan dalam hal keterbatasan waktu dan jumlah santri yang besar, pesantren mengatasinya dengan menerapkan sistem pembelajaran berbasis kelompok kecil. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan metode pembelajaran kitab kuning di pesantren, khususnya dalam mengintegrasikan aspek teoretis dan praktis dalam pembelajaran fikih.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Syahra Tri Nurjanah Ahmad
Date Deposited: 20 May 2025 04:49
Last Modified: 20 May 2025 04:49
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2654

Actions (login required)

View Item View Item