Studi komparasi capaian pembelajaran metode amtsilati berdasarkan pada teori behavioristik (studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kediri dan Pondok Pesantren Al-Irsyad Rembang)

Qodariyati, Amanah (2024) Studi komparasi capaian pembelajaran metode amtsilati berdasarkan pada teori behavioristik (studi kasus di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kediri dan Pondok Pesantren Al-Irsyad Rembang). Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.

[img] Text
COVER.pdf

Download (959kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (583kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (730kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (306kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (961kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (353kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)

Abstract

Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan yang memiliki peran strategis dalam membina, membentuk, dan mencetak generasi bangsa yang mampu bersaing di era modern seperti saat ini. Dalam dunia pesantren, kitab kuning memegang posisi yang sangat penting karena dijadikan sebagai buku ajar (textbook), referensi, sekaligus kurikulum dalam sistem pendidikan pesantren. Untuk mempelajari kitab kuning, diperlukan penguasaan terhadap berbagai ilmu alat, salah satunya adalah metode Amtsilati yang dicetuskan oleh KH. Taufiqul Hakim, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Falah, Bangsri, Jepara. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab dua fokus utama, yaitu: Bagaimana implementasi pembelajaran metode Amtsilati berdasarkan teori behavioristik di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kediri dan Pondok Pesantren Al-Irsyad Rembang.Bagaimana capaian pembelajaran metode Amtsilati berdasarkan teori behavioristik di kedua pondok pesantren tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh informasi yang diperoleh, kemudian ditarik kesimpulan berdasarkan temuan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran metode Amtsilati di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Amtsilati Kediri berlangsung lebih cepat dibandingkan dengan di Pondok Pesantren Al-Irsyad Rembang. Perbedaan ini disebabkan oleh sistem pendidikan yang diterapkan: di PPHM Amtsilati, pembelajaran metode Amtsilati ditempuh selama satu tahun ajaran, sedangkan di PP Al-Irsyad Rembang berlangsung selama empat tahun.

Item Type: Thesis (Masters (S2))
Subjects: 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 21 May 2025 08:03
Last Modified: 21 May 2025 08:03
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2641

Actions (login required)

View Item View Item