STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA PROSES ADAPTASI GURU PAI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK AL-MAHRUSIYAH

Lia nur, Fatimatun nisa (2024) STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MEMBINA PROSES ADAPTASI GURU PAI PADA IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMK AL-MAHRUSIYAH. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti.

[img] Text
Cover .pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (305kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (467kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB)

Abstract

ABSTRAK NURFATIMATUN NISA, LIA. 2024: Strategi Kepala Sekolah dalam membina proses adaptasi Guru PAI pada Implementasi Kurikulum Merdeka di SMK Al-Mahrusiyah, Pendidikan Agama Islam, Tarbiyah, UIT Kediri, Dosen Pembimbing Dr. A Jauhar Fuad, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Pembinaan dan Kurikulum Merdeka Pendidikan berfungsi sebagai sarana untuk mengembangkan potensi, sikap, dan etos kerja siswa dalam rangka meningkatkan taraf hidup dan mendukung pembangunan bangsa, dan Kurikulum pembelajaran merupakan suatu kebijakan pemerintah dengan menerapkan kurikulum baru, yaitu kurikulum Merdeka, yang merupakan cara untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan zaman. Ketika terjadi perubahan kurikulum, sekolah perlu menerapkan strategi penerapan yang efektif dan efisien untuk memaksimalkan kualitas siswa. Kunci keberhasilan dan turut mendorong berbagai dimensi dan elemen sekolah lainnya adalah guru dan kepala sekolah. Kualitas dan kemampuan keduanya dalam memahami bagaimana kurikulum diimplementasikan sangat menentukan aspek ini. Maka dari itu, pentingnya bagi kepala sekolah menerapkan proses bimbingan kepada guru. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana strategi kepala sekolah dalam membina proses adaptasi Guru PAI pada implementasi kurikulum Merdeka? (2) bagaimana proses strategi kepala sekolah dalam membina proses adaptasi Guru PAI pada implementasi kurikulum Merdeka? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun pembahasannya bersifat deskriptif .Menurut Moleong, tujuan penelitian kualitatif adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, termasuk aktivitas sosial lainnya Dengan wawancara bersama beberapa jajaran staf guru, waka kurikulum, kepala sekolah, dan peserta didik yang melaksanakan kurikulum merdeka, Pengumpulan data yang dilakukan peneliti melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian, yaitu: (1) Strategi kepala sekolah yang dilakukan yakni a) mengidentifikasi guru, b) pelaksanaan pelatihan, c) pendekatan. Lalu kepala sekolah medistribusikan kurikulum tersebut melalui pembelajaran merdeka sampai dengan membentuk komite untuk mengawal kurikulum merdeka dan mengikuti In House Trining (IHT) dengan meminta dukungan dari penggerak sekolah. (2) Proses strategi kepala sekolah yang sudah dilakukan yaitu : (a) Guru dan kepala sekolah belajar mandiri melalui platform merdeka mengajar (b) komunikasi yang efektif (c) pelatihan dan pembinaan (d) membentuk FGD (f) komunitas belajar. Dari penelitian ini dilakukan untuk mengetahui, strategi kepala sekolah untuk membina guru Pendidikan Agama Islam beradaptasi dengan kurikulum Merdeka yang diterapkan oleh Kepala Sekolah SMK Al-Mahrusiyah Lirboyo Kediri. Hal ini memungkinkan untuk mencakup berbagai strategi terkait pembinaan guru Pendidikan Agama Islam peningkatan kompetensi, pelatihan serta pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan peserta didik di era digital ini

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Subjects: 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 375 Kurikulum
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Mahasiswa 2023 uit
Date Deposited: 28 May 2025 05:19
Last Modified: 28 May 2025 05:19
URI: http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2594

Actions (login required)

View Item View Item