Tuni`mah, Istiqomah (2023) MPLEMENTASI COOPERATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS NU JOHO KECAMATAN PACE KABUPATEN NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (258kB) |
![]() |
Text
Abtrak_watermark.pdf Download (322kB) |
![]() |
Text
BAB I_watermark.pdf Download (950kB) |
![]() |
Text
BAB II_watermark.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III_watermark.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV_watermark.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB V_watermark.pdf Download (820kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi_watermark.pdf Download (388kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka_watermark.pdf Download (673kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (627kB) |
Abstract
Penelitian ini membahas bahwa pembelajaran Cooperative Learning dapat membantu siswa dalam meningkatkan prestasi, baik dalam aspek akademik maupun perilaku, sikap, dan interaksi sehari-hari. Pembelajaran kooperatif juga mendorong siswa untuk bersikap positif terhadap proses belajar dan bersedia terlibat bersama teman-temannya. Guru sebagai pendidik profesional dituntut untuk mampu menyiapkan proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif. Sebab, sebaik apa pun isi materi yang akan diajarkan, jika tidak disampaikan dengan tepat, maka materi tersebut tidak akan tersampaikan dengan baik kepada peserta didik. Oleh karena itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi, agar siswa termotivasi, semangat belajar, dan lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Fokus penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? Bagaimana pelaksanaan implementasi Cooperative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? Bagaimana evaluasi Cooperative Learning pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs NU Joho Kecamatan Pace Kabupaten Nganjuk? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data (display), dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, triangulasi, dan pemeriksaan oleh sejawat. Tahapan penelitian meliputi tahap orientasi, eksplorasi, dan pengecekan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pembelajaran metode Cooperative Learning di MTs NU Joho dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian dan didikan dari orang tua maupun keluarga, sehingga model pembelajaran ini diharapkan dapat membentuk siswa yang berakhlak baik dan lebih interaktif. Pelaksanaan metode Cooperative Learning meliputi tiga poin penting, yaitu membuka pelajaran, menyampaikan materi, dan menutup pelajaran. Evaluasi dilakukan oleh guru mata pelajaran karena mereka lebih banyak berinteraksi dengan siswa dan lebih memahami karakter masing-masing siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Alwi Hasan |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:16 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:16 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2576 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |