Mukaromah, Dewi Kamilatul (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 1 KOTA KEDIRI. Undergraduate (S1) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo Kediri.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (160kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Download (170kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (315kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (316kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (280kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (381kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Download (207kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (209kB) |
Abstract
Suatu kegiatan pembelajaran dapat dikatakan berhasil apabila siswa terlibat secara aktif baik fisik, mental, maupun sosial dalam proses pembelajaran. Fenomena yang terjadi di kelas V MIN 1 Kota Kediri pada mata pelajaran IPA siswa masih merasa kesulitan dalam memahami materi. Keaktifan siswa juga masih belum sepenuhnya terlihat, hal tersebut membuat sebagian siswa tidak dapat menyelesaikan tugas yang diberikan dengan baik. Dalam pembelajaran IPA, ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan membuat siswa aktif. Salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Model ini dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa, dengan model NHT siswa dibimbing untuk mencari jawaban dari suatu permasalahan materi melalui diskusi kelompok. Dari uraian di atas, maka dapat dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut (1) Bagaimana penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together dalam pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Kota Kediri? (2) Bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together pada mata pelajaran IPA di kelas V MIN 1 Kota Kediri. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di MIN 1 Kota Kediri. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling berdasarkan kelompok atau kelas. Sampel terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas eksperimen berjumlah 32 siswa dan kelas kontrol yang berjumlah 32 siswa. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan hasil pre-test dan post-test dalam bentuk soal pilihan berganda. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas, uji homogenitas, uji-t, dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian yaitu, (1) Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dilakukan pada kelas eksperimen yang mana kelas ini diberikan perlakuan yaitu berupa penerapam model NHT dengan membagi siswa menjadi enam kelompok yang masing-masing siswa mendapatkan nomor yang berbeda, sebelum diberikan pembelajaran terlebih dahulu dilakukan tes awal (pre-test) kemudian pada akhir pertemuan siswa diberikan post-test untuk mengetahui hasil belajar siswa. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah menggunakan model NHT yaitu memperoleh nilai rata-rata 84,7% sedangkan pada kelas kontrol yang menggunakan model konvensional memperoleh nilai rata-rata 79,4%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate (S1)) |
---|---|
Subjects: | 300 – Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Mahasiswa 2023 uit |
Date Deposited: | 28 May 2025 07:12 |
Last Modified: | 28 May 2025 07:12 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2574 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |