Santoso, Santoso (2024) OPERANT CONDITIONING PEMBELAJARAN KITAB U’YUNUL MASAIL LIL NISAA SANTRI KELAS 3 TSANAWIYAH MADRASAH HIDAYATUL MUBTADIIN LIRBOYO KEDIRI. Masters (S2) thesis, Universitas Islam Tribakti Lirboyo.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (975kB) |
![]() |
Text
Bab I.pdf Download (533kB) |
![]() |
Text
Bab II.pdf Download (598kB) |
![]() |
Text
Bab III.pdf Download (416kB) |
![]() |
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (509kB) |
![]() |
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (199kB) |
![]() |
Text
Bab VI.pdf Download (98kB) |
![]() |
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (286kB) |
![]() |
Text
Lampiran.pdf Download (109kB) |
Abstract
Kalangan pesantren ada kajian fiqih, dalam fiqih terdapat pembahasan tentang masalah kewanitaan seperti haid, nifas, istihadhoh, dan thoharoh. Pembelajaran masalah kewanitaan sangat berhubungan sekali dengan ibadah maka bukan hanya wanita laki-laki juga harus mempelajari. Pelajaran masalah kewanitaan harus dipahami agar dapat menjalankan ibadah sesuai dengan syariat agama.Atas dasar latar belakang tersebut, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian (1) Bagaimana Penguatan Jadwal Pembelajaran Kitab U’yunul Masail Lil Nisaa Santri Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri? (2) Bagaimana Pembentukan Pembelajaran Kitab U’yunul Masail Lil Nisaa Santri Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri? (3) Bagaimana Modifikasi Tingkahlaku Pembelajaran Kitab U’yunul Masail Lil Nisaa Santri Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri? (4) Bagaimana Generalisasi dan Diskriminasi Pembelajaran Kitab U’yunul Masail Lil Nisaa Santri Kelas 3 Tsanawiyah Madrasah Hidayatul Mubtadiin Lirboyo Kediri? Penelitian ini menggunakan kerangka teori Behavioristik dengan tokoh B.F.Skinner mengenai pembelajaran santri di pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara mendalam terhadap informan berupa pendidik, dan peserta didik, serta menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Proses analisis data menggunakan model alir yang meliputi:reduksi data, penyajian data, dan konklusi. Hasil penelitian, yaitu: 1. Pembelajaran uyun masail dimulai dengan guru membacakan materi kemudian menjelaskan di papan tulis dan bertanya kepada santri bagi yang belum paham kemudian mengulang penjelasanya lagi. 2. Pembentukan pembelajaran dimulai dari pemberian penguatan materi mulai dari haid, nifas, istihadhoh dan thoharoh yang dilaksanakan secara bertahap. 3. Sebelum memulai pembelajaran santri diskusi terlebih dahulu untuk mengulang pembelajaran yang sudah dipelajari. 4. Guru memberikan keterangan yang berbeda dari materi kemudian santri dipanggil kedepan untuk menjawab keterangan yang diketahui jika tidak bisa maka teman yang lain dipanggil untuk menjelaskan materi yang diketahui.
Item Type: | Thesis (Masters (S2)) |
---|---|
Subjects: | 200 – Agama > 200 Agama > 203 Praktik keagamaan lainnya |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Santoso Santoso |
Date Deposited: | 28 May 2025 04:57 |
Last Modified: | 28 May 2025 04:57 |
URI: | http://repo.uit-lirboyo.ac.id/id/eprint/2571 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |